Wednesday, April 1, 2020

Makalah Pemasaran Tentang Konsep Lingkungan Pemasaran

Download Makalah ini pada link berikut : Lengkap Sampul dan Gambar
http://raboninco.com/7SbE



KONSEP LINGKUNGAN PEMASARAN
Konsep adalah Sebuah abstraksi dan suatu ide atau gambaran mental yang dinyatakan dalam suatu kata atau simbol-simbol. Konsep juga dinyatakan sebagai bagian dari ilmu pengetahuan yang dibangun dan berbagai macam karakteristik.
A.   Pengertian Lingkungan Pemasaran
Lingkungan menjadi unsur penting dalam sebuah proses pemasaran, karena lingkungan juga menjadi faktor berpengaruh untuk memaksimalkan suatu aktivitas. Keadaan suatu lingkungan juga menjadi tolak ukur dan pembanding dengan suatu keadaan lain untuk disesuaikan dengan keadaan yang diharapkan. Sehingga potensi yang ada dapat diserap dan dimaksimalkan untuk mencapai tujuan tertentu.
Lingkungan adalah keadaan sekitar yang memiliki karakteristik, keunikan, perbedaan, potensi, ancaman dan fungsi yang bermacam-macam dimana keadaan ini memberikan timbal balik sesuai dengan apa yang terjadi, baik secara langsung dan tidak langsung.
Selanjutnya adalah pemasaran. Pada hakikatnya, pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran. Dalam studi pemasaran, konsep yang penting adalah kebutuhan, keinginan, permintaan, produk, pertukaran, transaksi dan pasar.
Lingkungan pemasaran dari suatu produk terdiri atas empat lapisan, yaitu :
·      Lingkungan Pasar
Merupakan tempat yang menjadi transaksi keseluruhan antara penjual dan pembeli

·      Lingkungan Organisasi
Merupakan lingkungan yang terdekat dari suatu produk, seperti departemen, kantor, divisi dan saluran-saluran perusahaan.
·      Lingkungan Makro
Merupakan tempat yang terdiri dari kekuatan-kekuatan dan lembaga-lembaga yang mempunyai hubungan dan mempengaruhi transaksi antara perusahaan dan pasarnya. Ada beberapa komponen yang ada dalam lingkungan ini, yaitu perekonomian, teknologi, kebijakan pemerintah dan kebudayaan.
·      Lingkungan Ekstra
Merupakan lingkungan yang sulit diperhitungkan oleh perusahaan.

B.   Analisis Lingkungan Pemasaran
Lingkungan pemasaran selalu menimbulkan hasil yang berubah setiap waktu, maka diperlukan langkah untuk menganalisis bagaimana keadaan yang ada, sehingga mampu menghadapi ancman dan memaksimalkan potensi. Untuk memahami lingkungan pemasaran, dapat kita lihat pada gambar berikut ini
1.        Lingkungan Makro
Bagian ini terdiri dari enam kekuatan yang mempengaruhi pemasaran, seperti yang ada pada gambar diatas Yaitu :
Ø  Demografi atau Kependudukan
Unsur ini meliputi distribusi penduduk (lokasi tempat tinggal), usia, jenis kelamin, suku, ras, agama, kebangsaan dan pendidikan
Ø  Teknologi
Merupakan salah satu faktor yang merubah gaya hidup manusia, dimana kemudahan dapat ditemukan dengan teknologi yang maju.
Ø  Sosial dan Budaya
Pada lingkup sosial, meliputi gaya dan nilai-nilai sosial seseorang, seperti konsumtif dan motivasi pembelian, dll.
Ø  Politik/Hukum
Peraturan dari pemerintah juga mempengaruhi perkembangan dunia usaha. Pembuatannya sebagian besar dibuat berdasarkan aspek-aspek hukum dan kebijakan umum yang gunanya menghilangkan tindakan monopoli dan melindungi konsumen.
Ø  Perekonomian
Jumlah income dari individu atau kelompok akan berpengaruh pada pemasaran.
Ø  Fisik/Alam
Adalah aktivitas yang mempengaruhi pemasaran dimana keadaan ini adalah faktor makro yang paling besar kekuatannya.
2.      Lingkungan Mikro
Dalam lingkungan ini terdapat beberapa pihak terkait, yakni :
Ø  Pemasok
Adalah perusahaan bisnis dan individu-individu yang menyediakan sumber daya yang diperlukan oeh perusahaan dan para pesaing untuk memproduksi barang atau jasa.
Ø  Perusahaan
Yang dimaksud disini adalah seperti bagian dari internal perusahaan seperti bagian pemasaran, bagian keuangan, bagian operasional, R & D, SDM, dll
Ø  Perantara Pemasaran
Dalam memasarkan produk sampai ke pembeli tingkat akhir, peran perantara biasanya ada didalamnya. Perantara pemasaran biasanya ikut mempromosikan, ikut menjual dan mendistribusikan produk suatu perusahaan pada para pembeli.
Ø  Pelanggan
Pelanggan merupakan lingkungan mikro bagi perusahaan sehingga perlu dipelajari supaya perusahaan paham dengan kebutuhan pelanggan.
Ø  Publik (Masyarakat)
Adalah semua pihak yang peduli dengan perusahaan dan pendapatannya dapat mempengaruhi pencapaian sasaran perusahaan.
Ø  Pesaing
Suatu perusahaan jarang sekali hanya berdiri sendiri dalam sebuah kegiatan usaha, biasanya ada kompetitor atau pesaing yang berjalan bersama.

Download Makalah ini pada link berikut : Lengkap Sampul dan Gambar
http://raboninco.com/7SbE


Daftar Pustaka

Laksana, Fajar, 2008, Manajemen Pemasaran : Pendekatan Praktis, Yogyakarta : Graha Ilmu

Sunyoto, Danang, 2012, Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran : Konsep, Strategi dan Kasus, Yogyakarta : CAPS

Simamora, Bilson, 2001, Memenangkan Pasar : Dengan Pemasaran Efektif dan Profitable, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

Sumawihardja, Surachman, Suwandi Suparlan dan Sucherly, 1985, Intisari Manajemen Pemasaran, Bandung : Remadja Karya CV

Oentoro, Deliyanti, 2012, Manajemen Pemasaran Modern, Yogyakarta : LaksBang PRESSindo

Kotler, Philip, 1993, Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, Jakarta : Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

Marketing Bank Syari’ah : Cara Jitu Meningkatkan Pertumbuhan Bank Syari’ah, (Bogor : Ghalia Indonesia, 2010)

No comments:

Post a Comment