http://raboninco.com/7SbE
KONSEP LINGKUNGAN
PEMASARAN
Konsep
adalah Sebuah abstraksi dan suatu ide atau gambaran mental yang dinyatakan
dalam suatu kata atau simbol-simbol. Konsep juga dinyatakan sebagai bagian dari
ilmu pengetahuan yang dibangun dan berbagai macam karakteristik.
A. Pengertian Lingkungan Pemasaran
Lingkungan
menjadi unsur penting dalam sebuah proses pemasaran, karena lingkungan juga
menjadi faktor berpengaruh untuk memaksimalkan suatu aktivitas. Keadaan suatu
lingkungan juga menjadi tolak ukur dan pembanding dengan suatu keadaan lain
untuk disesuaikan dengan keadaan yang diharapkan. Sehingga potensi yang ada
dapat diserap dan dimaksimalkan untuk mencapai tujuan tertentu.
Lingkungan
adalah keadaan sekitar yang memiliki karakteristik, keunikan, perbedaan,
potensi, ancaman dan fungsi yang bermacam-macam dimana keadaan ini memberikan
timbal balik sesuai dengan apa yang terjadi, baik secara langsung dan tidak
langsung.
Selanjutnya
adalah pemasaran. Pada hakikatnya, pemasaran adalah kegiatan manusia yang
diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
Dalam studi pemasaran, konsep yang penting adalah kebutuhan, keinginan,
permintaan, produk, pertukaran, transaksi dan pasar.
Lingkungan
pemasaran dari suatu produk terdiri atas empat lapisan, yaitu :
· Lingkungan Pasar
Merupakan tempat yang
menjadi transaksi keseluruhan antara penjual dan pembeli
· Lingkungan Organisasi
Merupakan lingkungan yang
terdekat dari suatu produk, seperti departemen, kantor, divisi dan
saluran-saluran perusahaan.
· Lingkungan Makro
Merupakan tempat yang
terdiri dari kekuatan-kekuatan dan lembaga-lembaga yang mempunyai hubungan dan
mempengaruhi transaksi antara perusahaan dan pasarnya. Ada beberapa komponen
yang ada dalam lingkungan ini, yaitu perekonomian, teknologi, kebijakan
pemerintah dan kebudayaan.
· Lingkungan Ekstra
Merupakan lingkungan yang
sulit diperhitungkan oleh perusahaan.
B. Analisis Lingkungan Pemasaran
Lingkungan
pemasaran selalu menimbulkan hasil yang berubah setiap waktu, maka diperlukan
langkah untuk menganalisis bagaimana keadaan yang ada, sehingga mampu
menghadapi ancman dan memaksimalkan potensi. Untuk memahami lingkungan
pemasaran, dapat kita lihat pada gambar berikut ini
1.
Lingkungan
Makro
Bagian ini terdiri dari
enam kekuatan yang mempengaruhi pemasaran, seperti yang ada pada gambar diatas
Yaitu :
Ø Demografi
atau Kependudukan
Unsur ini meliputi
distribusi penduduk (lokasi tempat tinggal), usia, jenis kelamin, suku, ras,
agama, kebangsaan dan pendidikan
Ø Teknologi
Merupakan salah satu
faktor yang merubah gaya hidup manusia, dimana kemudahan dapat ditemukan dengan
teknologi yang maju.
Ø Sosial
dan Budaya
Pada lingkup sosial,
meliputi gaya dan nilai-nilai sosial seseorang, seperti konsumtif dan motivasi
pembelian, dll.
Ø Politik/Hukum
Peraturan dari pemerintah
juga mempengaruhi perkembangan dunia usaha. Pembuatannya sebagian besar dibuat
berdasarkan aspek-aspek hukum dan kebijakan umum yang gunanya menghilangkan
tindakan monopoli dan melindungi konsumen.
Ø Perekonomian
Jumlah income dari
individu atau kelompok akan berpengaruh pada pemasaran.
Ø Fisik/Alam
Adalah aktivitas yang
mempengaruhi pemasaran dimana keadaan ini adalah faktor makro yang paling besar
kekuatannya.
2. Lingkungan Mikro
Dalam lingkungan ini
terdapat beberapa pihak terkait, yakni :
Ø Pemasok
Adalah perusahaan bisnis
dan individu-individu yang menyediakan sumber daya yang diperlukan oeh
perusahaan dan para pesaing untuk memproduksi barang atau jasa.
Ø Perusahaan
Yang dimaksud disini
adalah seperti bagian dari internal perusahaan seperti bagian pemasaran, bagian
keuangan, bagian operasional, R & D, SDM, dll
Ø Perantara
Pemasaran
Dalam memasarkan produk
sampai ke pembeli tingkat akhir, peran perantara biasanya ada didalamnya.
Perantara pemasaran biasanya ikut mempromosikan, ikut menjual dan
mendistribusikan produk suatu perusahaan pada para pembeli.
Ø Pelanggan
Pelanggan merupakan
lingkungan mikro bagi perusahaan sehingga perlu dipelajari supaya perusahaan
paham dengan kebutuhan pelanggan.
Ø Publik
(Masyarakat)
Adalah semua pihak yang
peduli dengan perusahaan dan pendapatannya dapat mempengaruhi pencapaian
sasaran perusahaan.
Ø Pesaing
Suatu perusahaan jarang
sekali hanya berdiri sendiri dalam sebuah kegiatan usaha, biasanya ada
kompetitor atau pesaing yang berjalan bersama.
Download Makalah ini pada link berikut : Lengkap Sampul dan Gambar
http://raboninco.com/7SbE
Daftar
Pustaka
Laksana, Fajar, 2008, Manajemen Pemasaran : Pendekatan Praktis, Yogyakarta : Graha Ilmu
Sunyoto, Danang, 2012, Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran : Konsep, Strategi dan Kasus,
Yogyakarta : CAPS
Simamora, Bilson, 2001, Memenangkan Pasar : Dengan Pemasaran Efektif
dan Profitable, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama
Sumawihardja, Surachman, Suwandi Suparlan
dan Sucherly, 1985, Intisari Manajemen
Pemasaran, Bandung : Remadja Karya CV
Oentoro, Deliyanti, 2012, Manajemen Pemasaran Modern, Yogyakarta :
LaksBang PRESSindo
Kotler, Philip, 1993, Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan
Pengendalian, Jakarta : Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas
Indonesia
Marketing Bank Syari’ah : Cara Jitu Meningkatkan Pertumbuhan Bank
Syari’ah, (Bogor : Ghalia Indonesia, 2010)
No comments:
Post a Comment