Thursday, April 23, 2020

Tugas Farmakoterapi Terapan Tentang Nyeri Kepala

Download File ini secara lengkap dalam bentu word doc. file pada link berikut
http://raboninco.com/ML3b



BAB I
PENDAHULUAN

            Nyeri kepala atau cephalgia adalah rasa tidak mengenakkan pada seluruh daerah kepala. Nyeri kepala merupakan salah satu keluhan subjektif yang sering dilaporkan (syahrir, 2008)
            Menurut world Health Organization (WHO) Nyeri kepala biasanya dirasakan berulang kali oleh penderita Sepanjang Hidupnya. Kurang lebih dalam satu tahun 90% dari populasi dunia mengalami paling sedikit satu kali nyeri Kepala (Syahrir, 2008)
            Penelitian Internasional mengemukakan bahwa prevalansi nyeri kepala pada anak anak dan remaja sejalan dengan waktu semakin meningkat. Diperkirakan bahwa nyeri kepala akan menetap pada saat usia dewasa dengan persentase relatif tinggi (sekitar 50%) dari kasus (Gabman et al, 2009. Penelitian ini didukung dalam studi epidemologi yang dilakukan Lewis pada tahun 2002, Penelitian ini dilakukan pada 9.000 remaja dan dari hasilnya didapatkan bahwaTerdapat sekitar 2,5% frekuensi nyeri kepala terjadi pada usian 7 tahun dan 15% terjadi pada usia diatas 15 tahun (Lewis et al., 2002)
            Secara umum, presentase nyeri kepala pada populasi orang dewasa adalah 47%, yaitu 10% migraine, 38% tension-type headache (TTH), 3% chronicHeadache(Jensen & Stovner, 2008). Dari penelitian yang dilaporkan Diamond di Amerika, prevalensi migrainepada laki laki didapatkan 6% sedangkan pada perempuan 15-18%, sedangkan untuk jenis TTH 59% dari populasi pernah mengalami TTH satu hari perbulannya, dimana perempuan lebih banyak dari pada lakik laki (1,5 : 1) (Diamond, 2007).
             Di Indonesia sendiri, nyeri kepala merupakan salah satu keluhan yang sering dilaporkan. Penelitian yang dilakukan oleh Iqbal pada tahun 2004 didapatkan hasil bahwa dari 55 pasien nyeri kepala yang dating berobat ke poliklinik sefalgia Bagian Neurologi RSUP H. Adam Malik Medan, 20 orang pasien diantaranya adalah pria

No comments:

Post a Comment