Wednesday, April 21, 2021

Proposal Tugas Akhir Penanganan Kamar Tamu Pada Masa Pandemi Di Hotel Prima Makassar

Download Full file Ms Word Doc sampul sampai daftar pustaka pada link-link berikut :
 
 

PROPOSAL TUGAS AKHIR

A.    JUDUL :

 PENANGANAN KAMAR DALAM MASA PANDEMI COVID 19 PADA HOTEL PRIMA DI MAKASSAR

 

B.     PENDAHULUAN

1.     Latar Belakang Masalah

Pengertian pariwisata menurut UU Republik Indonesia No.10 tahun 2009 adalah berbagai kegiatan wisata yang didukung dengan berbagai fasilitas serta layanan yang disediakan oleh masyarakat, pengusaha, pemerintah dan pemerintah daerah. Pariwisata di Indonesia mengalami peningkatan terutama pada industri atau perusahaan akomodasi yang terus berkembang. Namun memasuki tahun 2020 perkembangan pariwisata tiba-tiba mengalami penurunan yang sangat drastis, ini dikarenakan adanya penyebaran penyakit virus yang disebut virus corona (covid-19). Hal ini yang membuat perekonomian di dunia mengalami banyak masalah terutama di Indonesia. Penyebaran virus ini sangat cepat hanya dengan pertemuan atau kontak fisik dengan seseorang yang terinfeksi maka orang-orang yang sehat akan terinfeksi dan positif terkena. Oleh karena itu sebagai tindakan pencegahan covid-19 di sebagian Negara dan daerah melakukan tindakan atau mengeluarkan aturan untuk tidak memasuki Negara atau daerah serta mengurangi aktifitas-aktifitas yang dilakukan di luar rumah atau yang di kenal dengan istilah LockDown, demi memutus penyebaran covid-19. Hal tersebut juga berdampak pada perkembangan pariwisata di Indonesia terlebih pada jasa transportasi dan jasa akomodasi serta jasa lainnya. Sebab membuat perusahaan akomodasi mengalami penurunan kunjungan wisatawan dikarenakan hotel diharuskan tutup sampai batas waktu yang ditentukan demi memutus penularan mata rantai covid-19. 

Hotel adalah suatu bentuk bangunan, lambang, perusahaan atau badan usaha akomodasi yang menyediakan pelayanan jasa penginapan, penyedia makanan dan minuman serta fasilitas jasa lainnya dimana semua pelayanan itu diperuntukkan bagi masyarakat umum, baik mereka yang bermalam di hotel tersebut ataupun mereka yang hanya menggunakan fasilitas tertentu yang dimiliki hotel itu. Hotel merupakan salah satu akomodasi yang banyak diminati oleh wisatawan karena dianggap cocok dan memiliki beberapa pelayanan dan dilakukan oleh sumber daya manusia yang terbagi dalam berbagai departemen di hotel. Di hotel memiliki beberapa departemen yang mempunyai tugas masing - masing seperti front office department, food and beverage department, sales and marketing department, engineering department dan housekeeping department. Hotel adalah bidang usaha yang berkembang seiring dengan kemajuan sektor pariwisata dan merupakan salah satu bisnis yang bergerak pada sektor jasa khususnya akomodasi. Di mana segmen pasar yang dituju adalah para tamu yang datang dengan tujuan  untuk beristirahat, urusan bisnis, pariwisata, liburan dan lain-lain.

Hotel adalah suatu bentuk bangunan, lambang, perusahaan atau badan usaha akomodasi yang menyediakan pelayanan jasa penginapan, penyedia makanan dan minuman serta fasilitas jasa lainnya dimana semua pelayanan itu diperuntukkan bagi masyarakat umum, baik mereka yang bermalam di hotel tersebut ataupun mereka yang hanya menggunakan fasilitas tertentu yang dimiliki hotel itu. Hotel merupakan salah satu akomodasi yang banyak diminati oleh wisatawan karena dianggap cocok dan memiliki beberapa pelayanan dan dilakukan oleh sumber daya manusia yang terbagi dalam berbagai departemen di hotel. Di hotel memiliki beberapa departemen yang mempunyai tugas masing-masing seperti front office department, food and beverage department, sales and marketing department, engineering department dan housekeeping department. Hotel adalah bidang usaha yang berkembang seiring dengan kemajuan sektor pariwisata dan merupakan salah satu bisnis yang bergerak pada sektor jasa khususnya akomodasi. Di mana segmen pasar yang dituju adalah para tamu yang datang dengan tujuan untuk beristirahat, urusan bisnis, pariwisata, liburan dan lain-lain.

Dalam menjalankan operasionalnya, Housekeeping dipimpin oleh seorang manager yang lebih dikenal dengan sebutan Housekeeper. Housekeeper bertanggung jawab terhadap segala sesuatu yang berkaitan dengan kebijakan dan operasioanal yang terjadi di Housekeeping. Di dalam job description seorang Housekeeper, salah satu tugas utamanya adalah merencanakan program kerja untuk bagian Housekeeping. Rencana program kerja merupakan suatu acuan atau garis besar.

Dengan demikian salah satu dasar diselenggarakan pelayanan hotel ialah adanya kebutuhan dari orang-orang yang sedang dalam perjalanan. Dasar-dasar diselenggarakannya pelayanan hotel adalah terbatasnya waktu dan kemampuan manusia untuk melakukan perjalanan secara terus-menerus selama 24 jam dalam sehari semalam, adanya kebutuhan-kebutuhan yang harus dipenuhi selama dalam perjalanan tersebut, adanya keinginan orang-orang untuk memperoleh kepuasan dalam pemenuhan kebutuhannya denganmembayar.

Salah satu departemen yang mempunyai peranan penting dalam peningkatan kualitas dunia perhotelan adalah housekeeping department. Hotel yang merupakan sarana akomodasi tentunya akan mengedepankan penjualan kamarnya di banding dengan fasilitas lain yang ada di hotel tersebut. Oleh karena itu housekeeping department memiliki peranan penting dalam menjaga dan meningkatkan standar dan kualitas perawatan dan pelayanan kamar hunian. Seksi - seksi yang mendukung tugas bagian housekeeping itu sendiri adalah public area, room boy, gardener, dan laundry.

 

Room boy yang bertanggung jawab untuk membersihkan mempersiapkan, kerapian dan kelengkapan kamar tamu haruslah memperhatikan standar kebersihan kamar di hotel tersebut. Masalah yang sering dihadapi room boy adalah ketika tingkat hunian kamar tinggi seperti saat liburan ataupun hari raya. Hotel Prima di Makassar pada saat tingkat hunian kamar tinggi dalam meningkatkan dan menjaga standart kebersihan kamar sering kurang maksimal. Pengerjaan pembersihan kamar yang kurang mendetail dan kurangnya profesionalisme room boy dapat meningkatkan turunya standar kebersihan kamar hunian. Suatu hotel yang memiliki standar kebersihan kamar yang bagus tentunya akan meningkatkan kualitas hotel tersebut dan dapat menarik konsumen dalam jumlah yang tinggi yang berimbas bagi keuntungan hotel. Tamu yang puas dengan kualitas dan pelayanan hotel tersebut pastinya akan menarik minat tamu tersebut untuk datang kembali.

Dimana pada masa pandemi (Covid-19) seperti sekarang ini protokol kesehatan sangat perlu dan penting untuk diterapkan terutama dalam pendistribusian linen di kamar tamu, dimana kebersihan sangat perlu dijaga dan perhatikan dikarenakan linen merupakan media utama yang akan sering dinsentuh oleh tamu dan akan menjadi salah satu perantara penyebaran virus corona (Covid-19) Berdasarkan hasil pra observasi terdapat sejumlah keluhan dan tanggapan positif terkait pel ayanan yang ada di Hotel  Prima . Misalnya terkait pendapat tamu yang menginap pada Hotel Prima di Makassar merasa tidak nyaman karena pelayanan yang diberikan kepada tamu tidak maksimal, juga area hotel yang tidak bersih.. Oleh karena itu penulis ingin mengangkat topik tersebut di dalam Tugas Akhir dengan judul “PENANGANAN KAMAR DALAM MASA PANDEMI COVID 19 PADA HOTEL PRIMA DI  MAKASSAR”.

 

Download Full file Ms Word Doc sampul sampai daftar pustaka pada link-link berikut :

 

2.     Batasan Masalah

Berdasarkan pada latar belakang tersebut, maka dalam penulisan ini, masalah prosedur penangan kamar dalam masa pandemi covid – 19 pada Hotel Prima di Makassar dan standar operasional prosedur sudah sesuai dengan standar yang ada pada Hotel Prima di Makassar.

 

3.     Rumusan Masalah

a.         Bagaimana penerapan Standar Operasional Prosedur penanganan kamar dalam masa pandemi  Covid – 19 pada Hotel Prima di Makassar?

b.        Faktor apa saja yang menjadi kendala dalam penerapan standar protokol kesehatan di kamar?

 

4.     Tujuan Penilitan

a.         Untuk mengetahui penerapan Standar Operasional Prosedur dalam masa pandemi Covid – 19 Pada Hotel Prima di Makassar.

b.        Untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi kendala dalam penerapan standar protokol kesehatan di kamar.

 

5.     Manfaat Penelitian

a.         Secara Formal

Ini dilakukan sebagai bahan penulisan tugas akhir untuk memenuhi salah satu syarat akademik dalam penyelesaian Tugas Akhir Program Diploma III (D3) Divisi Kamar di Politeknik Pariwisata Makassar.

b.        Secara Operasional

1.     Bagi Mahasiswa

 Untuk mahasiswa yang bersangkutan, untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang telah didapatkan di bangku perkuliahan terutama yang berkaitan erat dengan masalah yang terjadi pada objek penelitian tersebut.

 

2.     Bagi Hotel Prima Di Makassar

Untuk perusahaan bagi pihak Hotel Prima di Makassar, dapat dijadikan sebagai masukan dalam Prosedur Penanganan Kamar Dalam Masa Pandemi Covid -19 Pada Hotel Prima di Makassar.

 

3.     Bagi Ilmu Pengetahuan

Untuk ilmu pengetahuan. Bagi penulis, untuk dapat menambah pengetahuan dan pengalaman khususnya mengenai upaya Prosedur Penanganan Dalam Masa Pandemi Covid - 19 yang terjadi di Prima di Makassar.

 

6.Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan pada penelitian ini terdiri dari:

a.       Judul

Sebagai halaman pertama yang akan dibaca. Halaman judul dalam membuat proposal penelitian dan skripsi berada sebagai acuan dari keseluruhan isi proposal. Sebaiknya gunakan judul yang menarik dan yang sekiranya dapat membuat predisksi dari tema yang diangkat atau digunakan.

 

b. Pendahuluan

1). Latar belakang masalah

Jelaskan kenapa Anda mengambil dan menggunakan judul ini beserta latar belakang yang membuat buku ini bisa dicetak dan diedarkan. Jangan gunakan penjelasan bersifat opini melainkan melampirkan sumber yang valid dan scientific sehingga akan lebih membuat ketegasan yang baik.

 

2). Batasan masalah

Proposal penelitian dan skripsi juga harus mempunyai dan menetapkan batasan masalah yang akan diteliti untuk menghindarinya dari terlalu bertele- tele. Batasan ini juga mencakup ruang lingkup penelitian atau dimana ruang lingkup penelitian dilakukan agar tidak begitu meluas kepada hal yang tidak relevan.

 

3). Rumusan masalah

Rumusan masalah dapat diambil dari permasalahan atau tema yang akan diteliti. Mahasiswa harus mampu membuat proposal penelitian dan skripsi dengan pertimbangan tahap- tahap rumusan masalah karena adanya satu variable dan variable lainnya yang berhubungan.

 

4). Tujuan penelitian

Setiap penelitian mempunyai tujuan tersendiri yang harus dibuat secara rasional dan persuasif agar apa yang menjadi tujuan bisa menarik khususnya untuk pembaca. Karena mahasiswa yang membuat penelitian mampu memahami dan mengetahui dengan betul sejarah penemuan ilmiah yang ada maupun keabsahan dari hasil sejarah penemuan tersebut.

 

5). Manfaat hasil penelitian

Membuat proposal penelitian dan skripsi harus mempunyai manfaat yang jelas serta penelitian dilakukan dengan sebaik baiknya. Ini bermakna penilitian dapat bermanfaat bagi peneliti dan pembaca sebagai pengetahuan yang baru serta dapat mempraktekkannya dalam keseharian.

 

6)      Sistematika penulisan

Sistematika proposal adalah kerangka persetujuan untuk rencana penelitian atau dokumen yang mengandung beberapa elemen penting, dari judul hingga isi hingga daftar pustaka, untuk menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana penelitian dilakukan.

 

Download Full file Ms Word Doc sampul sampai daftar pustaka pada link-link berikut :

 

 C. TINJAUAN PUSTAKA DAN KERANGKA PIKIR

1.  Tinjauan Pustaka

a. Pengertian Hotel

Hotel Menurut Widanaputra (2009:16) adalah suatu jenis akomodasi yang dikelola secara komersial dengan menggunakan sebagian atau seluruh bangunan yang ada untuk menyediakan fasilitas pelayanan jasa penginapan, makanan, dan minuman serta jasa yang lainnya dimana fasilitas dan pelayanan tersebut disediakan untuk para tamu dan masyarakat umum yang ingin menginap. Sedangkan menurut Ikhsan (2008:2) pengertian hotel merupakan suatu lembaga yang menyediakan para tamu untuk menginap, dimana setiap orang dapat menginap, makan, minum dan menikmati fasilitas yang lainnya dengan melakukan transaksi pembayaran. Maka dari beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa hotel merupakan suatu perusahaan yang dikelola untuk menyediakan fasilitas dan pelayanan jasa penginapan, makan, dan minuman kepada para tamu dan mampu membayar dengan harga yang wajar sesuai dengan pelayanan yang diterima kepada para tamu.

No comments:

Post a Comment