Wednesday, April 21, 2021

Proposal Tugas Akhir Prosedur Pembersihan Kamar Tamu di Hotel Whiz Prime Makassar

Download Full File Ms.Word Doc Sampul sd daftar pustaka pada link-link berikut :
 
 

PROPOSAL TUGAS AKHIR/PROYEK AKHIR

 

A.    JUDUL :

PROSEDUR PEMBERSIHAN KAMAR TAMU DIMASA COVID-19 DI HOTEL WHIZ PRIME MAKASSAR

 

B.     PENDAHULUAN

1.      Latar Belakang Masalah

Dunia Pandemi Covid-19 yang melanda dunia saat ini mengakibatkan industry perhotelan di Indonesia menerima dampak yang sangat besar. Pemberitaan di media massa terkait dengan penutupan usaha hotel di Bali dan kota-kota lainnya menjadikan Pandemi Covid-19 ini menjadi bencana bagi industry perhotelan di Indonesia. Berbagai macam cara telah dilakukan oleh pengusaha hotel, pengusaha pariwisata, asosiasi perhotelan serta pemerintah dalam  mengurangi dampak kerugian bagi industry hotel terutama di Indonesia.

Hotel adalah suatu bentuk bangunan, lambang, perusahaan atau badan usaha akomodasi yang menyediakan pelayanan jasa penginapan, penyedia makanan dan minuman serta fasilitas jasa lainnya dimana semua pelayanan itu diperuntukkan bagi masyarakat umum, baik mereka yang bermalam di hotel tersebut ataupun mereka yang hanya menggunakan fasilitas tertentu yang dimiliki hotel itu.

Housekeeping Menurut Damayanti (2002) adalah bagian yang bertugas memelihara, kebersihan, kerapihan, dan kelengkapan kamar-kamar tamu, restoran, bar, dan tempat-tempat umum dalam hotel, termasuk tempat untuk karyawan, kecuali tempat yang menjadi tanggung jawab standar misalnya kitchen area. Adapun pengertian housekeeping lainnya adalah bagian dari departemen yang bertanggung jawab mengatur atau menata peralatan, menjaga kebersihan dan kenyamanan, memperbaiki kerusakan dan memberi dekorasi dengan tujuan agar rumah (hotel) tersebut tampak rapi, bersih, menarik dan menyenangkan bagi penghuninya.

Menurut Atmoko (2012) SOP yang merupakan singkatan dari Standard Operating Procedure adalah suatu pedoman atau acuan untuk melaksanakan tugas pekerjaan sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kinerja suatu instansi berdasarkan indikator-indikator teknis, prosedur kerja dan sistem kerja pada unit kerja yang bersangkutan.

Dari pernyataan tersebut, penulis beranggapan bahwa SOP pembersihan kamar yang telah  ada tidak selalu relevan dengan situasi yang dialami oleh pramukamar sehingga pramukamar tersebut menggunakan metode lain yang dianggap lebih efektif dengan situasi yang dialami selama proses pembersihan kamar berlangsung.

Berdasarkan penerapan diatas, penulis melihat betapa pentingnya tugas dan kewajiban dari housekeeping dalam menunjang operasional kerja pada pramukamar ( Room Attendant ) khususnya dalam masa pandemi covid-19, dimana hal tersebut dapat mempengaruhi standar operasional prosedur khususnya pada Hotel Whiz Prime Makassar. Terkait hal tersebut standar operasional prosedur pembersihan kamar harus dipahami oleh pramu kamar agar menjadi standar dalam membersihkan kamar beserta segala peraturan yang harus mereka taati selama bertugas. Sehingga kesadaran akan penting nya Standar Operasional Prosedur (SOP) akan  mulai luntur karena faktor terbiasa dengan keadaan. Sehingga akan berdampak pula pada departemen satu dengan yang lainnya yang cenderung tidak terarah, dan akan berdampak pula pada kualitas mutu yang diharapkan.

Berdasarkan uraian diatas maka penulis merasa tertarik untuk mengangkat permasalahan ini untuk dijadikan judul pada kertas karya  penulis dengan judulPROSEDUR PEMBERSIHAN KAMAR TAMU DIMASA COVID-19 DI  HOTEL WHIZ PRIME MAKASSAR”.

 

2.      Batasan masalah

Berdasarkan pada latar belakang tersebut, maka dalam penulisan ini, masalah penerapan standar operational prosedur dalam pembersihan kamar tamu pada masa pandemi.

3.      Rumusan masalah

a.       Bagaimana prosedur pembersihan kamar pada masa pandemi Covid-19 pada Hotel Whiz Prime Makassar?

b.      Bagaimana kelengkapan alat dan bahan pembersih pada Hotel Whiz Prime Makassar?

4.      Tujuan penelitian

a.       Untuk mengetahui prosedur pembersihan kamar pada masa pandemi Covid-19 pada Hotel Whiz Prime Makassar.

b.      Untuk mengetahui kelengkapan alat dan bahan pembersih pada Hotel Whiz Prime Makassar

5.      Manfaat hasil penelitian :

a.       Secara formal : untuk memenuhi salah satu syarat dalam menyelesaikan studi program D III (D3) Politeknik pariwisata Makassar.

b.      Sebagai bahan masukan manajemen Hotel Whiz Prime Makassar untuk meningkatkan hasil dari proses penanganan pembersihan kamar. Dapat menambah dan mengembangkan teori dan praktek yang diperoleh di kampus sehingga dapat dibandingkan dengan teori praktek yang diperoleh di tempat penelitian.

6.      Sistematika Penulisan

 

Download Full File Ms.Word Doc Sampul sd daftar pustaka pada link-link berikut :

DAFTAR ISI

Sampul Dalam

Pernyataan Orisinalitas Tugas Akhir

Persetujuan Pembimbing

Pengesahan Ujian Tugas Akhir

Motto dan Persembahan

Abstrak

Abstract

Kata Pengantar

Daftar Isi

Daftar Tabel

Daftar Gambar

Daftar Lampiran

BAB I PENDAHULUAN

A.        Latar Belakang Masalah

B.        Rumusan Masalah

C.        Tujuan Penelitian

D.        Manfaat Hasil Penelitian

BAB II TINJAUAN DAN KERANGKA PIKIR

A.        Tinjauan pustaka

B.        Kerangka Pikir

BAB  III METODE PENELITIAN

A.        Pendekatan Penelitian

B.        Jenis dan Sumber Data

C.        Populasi dan Sampel

D.        Teknik Pengumpulan Data

E.         Teknik Analisis Data

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A.        Gambaran Umum Lokasi Penelitian

B.        Penyajian dan Analisis Data

BAB V PENUTUP

A.        Simpulan

B.        Saran

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

RIWAYAT HIDUP

 

 

C.    TINJAUAN PUSTAKA DAN KERANGKA PIKIR

1.      Tinjauan Pustaka

a.       Pengertian Hotel

Hotel adalah suatu bentuk bangunan, lambang perusahaan atau badan usaha akomodasi yang menyediakan pelayanan jasa penginapan, penyedia makanan dan minuman serta fasilitas jasa lainnya dimana semua pelayanan itu diperuntukkan bagi masyarakat umum, baik mereka yang bermalam di hotel tersebut ataupun mereka yang hanya menggunakan fasilitas tertentu yang dimiliki hotel itu.

Bangunan yang dikelolah secara komersil dengan memberikan fasilitas penginapan untuk masyarakat umum dengan fasilitas sebagai berikut:

1)      Jasa penginapan

2)      Pelayanan makanan dan minuman

3)      Pelayanan barang bawaan

4)      Pencucian pakaian

5)       (lawson,1976:27) Sarana tempat tinggal umum untuk wisatawan dengan memberikan pelayanan jasa kamar, penyediaan makanan dan minuman serta akomodasi dengan syarat pembayaran

Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa,  hotel adalah:

1)      Suatu jenis akomodasi

2)      Menggunakan sebagian atau seluruh bangunan yang ada.

3)      Menyediakan jasa penginapan, makanan dan minuman serta jasa penunjang lainnya.

4)      Disediakan untuk umum.

Dikelolah secara komersial, yang dimaksud dikelolah secara komersial adalah dikelolah dengan memperhitumgkan untung atau ruginya, serta yang utama adalah bertujuan untuk mendapatkan keuntungan berupa uang sebagai tolak ukurnya

b.      Pengertian Housekeeping

Menurut Rumekso (2001), Housekeeping (tata graha) merupakan perpaduan dari dua buah kata,yaitu house dan keeping (to keep).House artinya rumah dan keeping (to keep) yang artinya memelihara, merawat, menjaga, housekeeping dapat diartikan secara lengkap sebagai salah satu departemen yang terdapat pada hotel yang bertanggung jawab terhadap hal-hal yang berkaitan dengan keindahan, kebersihan, kerapian, dan seluruh kamar beserta area-area lainnya yang didalam maupun di luar hotel, sehingga para tamu dan karyawan merasa aman dan nyaman berada di hotel.

c.       Pengertian Pramu Kamar

Menurut (Rumekso 2001:7) pramukamar adalah orang yang bertugas dan bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan, kerapian, keindahan dan kenyamanan dalam kamar tamu serta melengkapi guest supplies yang di butuhkan dalam kamar.

d.      Pengertian Standar Operasional Prosedur

Standar Operasional Prosedur yang dapat disingkat sebagai SOP, adalah alur/cara yang sudah ditentukan. Menurut Atmoko (2011), Standar Operasional Prosedur (SOP) merupakan suatu pedoman atau acuan untuk melaksanakan tugas pekerjaan sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kinerja instansi pemerintah berdasarkan indicator-indikator teknis administratife dan procedural sesuai tata kerja

e.    Pengertian Kelengkapan Alat dan Bahan Pembersih

Kelengkapan alat dan bahan pempersih adalah alat dan bahan pembersih yg digunakan harus lengkap karna cenderung dimasa timbulnya virus Covid-19, pramu kamar harus menjaga kebersihan kamar  benar-benar bersih dan steril dari kuman atau bacteri pada hotel tersebut. Alat dan bahan yang harus digunakan agar bisa memutuskan rantai penyebaran virus Covid-19 seperti masker atau pelindung wajah, mesin sinar, sarung tangan atau dan hand sanitizer.

2        Kerangka Pemikiran       

Download Full File Ms.Word Doc Sampul sd daftar pustaka pada link-link berikut :

 

No comments:

Post a Comment