Wednesday, April 21, 2021

Proposal Tugas Akhir Prosedur Penyiapan Kamar Tamu di Hotel Whiz Prime Hasanuddin Makassar

Download Full File Ms.Word Doc Sampul sd Daftar pustaka pada link-link berikut :
 
 

PROPOSAL TUGAS AKHIR

 

A.    JUDUL

PROSEDUR PENYIAPAN KAMAR TAMU DI ERA NEW NORMAL PADA HOTEL WHIZ PRIME HASANUDDIN MAKASSAR

B. PENDAHULUAN

1.         Latar Belakang Masalah

Pariwisata suatu perjalanan yang dilakukan oleh seseorang dalam jangka waktu tertentu dari suatu tempat ketempat lain untuk menikmati perjalanan atau guna bertamasya, rekreasi dan guna untuk memenuhi keinginan yang beranekaragam.

Hotel adalah suatu perusahaan yang dikelola secara komersil guna memberikan fasilitas kepeda masyarakat umum dengan fasilitas antara lain jasa penginapan, pelayanan barang bawaan, pelayanan makanan dan minumam, penggunaan perabot serta jasa pencucian pakaian kepada costumer dan mampu membayar dalam jumlah yang wajar sesuai dengan pelayanan yang diterima tanpa adanya perjanjian khusus.

Akibat pandemi banyak hotel terpaksa tutup karna berkurangnya tamu yang berkunjung untuk mengisi kamar dan menggunakan  fasilitas hotel. Oleh sebab itu hotel berupaya menerapkan protokol kesehatan dan menyediakan informasi pola hidup bersih dimasa New Nomal untuk menarik perhatian para tamu agar mereka berpikir bahwa  hotel tersebut aman dan tetap nyaman karena adanya informasi tentang protokol kesehatan yang terpampang nyata.

Hotel Whiz Prime Makassar yang menjadi objek penelitian penulis merupakan hotel berbintang yang ada di Kota Makassar, Hotel Whiz Prime Hasanuddin Makassar ini diklasifikasikan sebagai hotel bintang III karena fasilitas yang lengkap, disamping itu karna Hotel Whiz Prime Makassar merupakan salah satu hotel di Makassar yang mampu bersaing dengan hotel lainnya walaupun dalam keadaan seperti sekarang yaitu New Normal. Hotel hendaknya memiliki standar tersendiri yang ditekankan kepada setiap karyawan dalam memberikan layanan kepada tamu dalam aspek kesehatan dan kebersihan kamar hotel sebagai salah satu jasa yang siap dinikmati.

Berdasarkan hal tersebut sangat perlu adanya persiapan yang baik dalam menyiapkan kamar bagi para tamu yang akan menginap dengan memperhatikan prosedur yang sudah ditetapkan oleh hotel. Ketersediaan kamar yang siap dan bersih akan menghindari keterlambatan tamu  pada saat ingin check in. Berdasarkan pemaparan latar belakang diatas maka penulis mengangkat judul Prosedur Peyiapan Kamar Tamu Di Era New Normal Pada Hotel Whiz Prime Hasanuddin Makassar.

2.      Rumusan Masalah

a.    Bagaimana penerapan protokol kesehatan pada prosedur penyiapan kamar tamu di Hotel Whiz Prime Hasanuddin Makassar?

b.   Bagaimana upaya manajemen hotel dalam mendukung penerapan protokol kesehatan di era New Normal di Hotel Whiz Prime Hasanuddin Makassar?

3.      Tujuan Penelitian

a.       Untuk mengetahui bagaimana penerapan protokol kesehatan pada prosedur penyiapan kamar tamu.

b.      Untuk mengetahui upaya manajemen hotel dalam mendukung penerapan protokol kesehatan New Normal di Hotel Whiz Prime Hasanuddin Makassar.

4.      Manfaat Hasil Penelitian

a.       Secara Formal

untuk memenuhi syarat dan menyelesaikan studi program diploma  III Manajemen Divisi Kamar pada politeknik Pariwisata Makassar.

 

 

 

b.      Secara Operasional

1)      Membantu penulis dalam mengamati permasalahan yang timbul di Industri.

2)      Hasil penelitian diharapkan mampu menjadi dasar pertimbangan bagi pihak hotel.

3)      Hasil penelitian diharapkan dapat bermanfaat bagi pengembangan Ilmu perhotelan.

.

5.      Sistematika Penulisan

BAB I PENDAHULUAN : Dalam bab berikut diuraikan mengenai latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, dan sistematika penulisan.

BAB II TINJAUAN PUSTAKA DAN KERANGKA PIKIR : Dalam bab ini akan dipaparkan tentang teori-teori atau konsep dari sumber pustaka yang relevan dan kerangka pikir penulis.

BAB III METODE PENELITIAN : Dalam bab ini akan dikemukakan tentang pendekatan penelitian, jenis dan sumber data, populasi dan sampel, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data.

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN : Dalam bab ini akan dikemukakan tentang gambaran umum lokasi penelitian, penyajian dananalisis data.

BAB V PENUTUP : Dalam bab ini dikemukakan tentang kesimpulan dan saran

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN RIWAYAT HIDUP

Download Full File Ms.Word Doc Sampul sd Daftar pustaka pada link-link berikut :

 

 

 

 

 

B.     TINJAUAN PUSTAKA DAN KERANGKA PIKIR

1.        TINJAUAN PUSTAKA

Fungsi tinjauan pustaka adalah untuk mengemukakan hasil-hasil yang diperoleh peneliti terdahulu yang ada hubungannya dengan penelitian yang akan dilakukan. Adapun penelitian yang telah dilakukan dan telah penulis ketahui adalah sebagai berikut:

a.    Defenisi Hotel

1)        Sulastiyono (2011:5) hotel adalah suatu perusahaan yang dikelola oleh pemiliknya dengan menyediakan pelayanan makanan, minuman dan fasilitas kamar untuk tidur kepada orang-orang yang melakukan perjalanan dan mampu membayar dengan jumlah yang wajar sesuai dengan pelayanan yang diterima tanpa adanya perjanjian khusus.

2)      Widanaputra (2009:16) definisi hotel adalah suatu jenis akomodasi yang dikelola secara komersial dengan menggunakan sebagian atau seluruh bangunan yang ada untuk menyediakan fasilitas pelayanan jasa penginapan, makanan, dan minuman serta jasa yang lainnya dimana fasilitas dan pelayanan tersebut disediakan untuk para tamu dan masyarakat umum yang ingin menginap.

3)       Menurut Handoko (2000:10) manajemen adalah bekerja dengan orang-orang untuk menentukan, menginterprestasikan, dan mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan pelaksanaan, fungsi-fungsi perencanaan, pengorganiasian, penyusunan, personalian, pengarahan, kepemimpinan dan pengawasan.

4)      Menurut Rumekso (2001:1) Housekeeping Departement juga berarti bagian yang bertugas dan bertanggung jawab untuk menjaga keberisihan, kerapian, keindahan, dan kenyamanan area hotel, baik di luar gedung maupun di dalam gedung, termasuk kamar-kamar tamu, ruang-ruangan yang disewakan oleh para tamu, restaurant, office beserta toilet.

5)      Menurut Rumekso (2002:7) Room Attendant adalah petugas floor section yang menjaga kerapihan, kebersihan, kenyamanan, dan kelengkapan kamar-kamar tamu.

6)      Menurut Atmoko Standard Operating Procedure adalah salah satu pedoman atau acuan untuk melaksanakan tugas pekerjaan sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kinerja suatu instansi berdasarkan indikator-indikator teknis, prosedur kerja dan sistem pada unit kerja yang bersangkutan.

7)      Menurut Griffith (2003), new normal adalah sebagai perubahan yang terjadi pada perilaku manusia yang akan terjadi pada pasca pandemi covid-19, dimana manusia akan  cenderung lebih membatasi sentuhan fisik dan juga akan cenderung lebh berjauhan dengan sesama.

8)      Penerapan protokol kesehatan

Protokol kesehatan bagi tamu ditempat dan fasilitas umum alam Rangka pencegahan dan pengendalian COVID-19 dimasa new normal. Penyusunan juga melibatkan banyak pihak terkait, yakni asosiasi hotel dan asosiasi terhadap bidang perhotelan.  Tidak hanya itu, protokol kesehatan yang ada pada hotel untuk mendorong pemulihan  sektor pariwisata dan ekonomi  kreatif dalam rangka kebiasaan baru adapun dalam hal itu terdapat 8  protokol yang harus diterapkan oleh hotel yakni;


a)        Pihak hotel harus selalu mencuci tangan dan menyediakan                  hand sanitizer.

b)        Melakukan Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

c)        Penerapatan sosial etika batuk dan bersin.

d)       Penyedian pojok tentang informasi hidup pola bersih dimasa New Normal.

e)        Fasilitas deteksi suhu tubuh.

f)         Mengatur jarak area minimal 1 meter.

g)        Tidak diberlakukan pegawai untuk kerja dalam kondisi yang kurang sehat.

h)        Penerimaan uang tunai harus disertai menggunakan sarung tangan dan masker.

 

b)   Karakteristik dan upaya manajemen dimasa New Normal

Memberikan pemahaman yang benar terkait masalah pandemi Covid-19 dimasa New Normal. Pihak hotel juga melakukan upaya salah satunya dengan melakukan pengeluaran dan anggaran operasional. Sangat penting bagi pengelolah hotel untuk menciptakan kembalinya  harga target penjualan kamar agar mengurangi beban hotel akibat masa pandemi agar bisa pulih kembali seperti semula. Upaya yang dilakukan ini juga sangat bermanfaat bagi masyarakat yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) dan mengurangi pengangguran. Pihak hotel berhak menawarkan fasilitas sesuai protokol Covid-19, menciptakan inovasi baru dan memberikan harga promo agar tamu tertarik mengunjungi hotel dengan syarat selalu menggunakan masker dan hand sanitizer. Pihak hotel melakukan upaya mitigasi dan kesiapan tempat kerja seoptimal mungkin sehingga dapat beradaptasi melalui perubahan pola hidup New Normal.

 

Download Full File Ms.Word Doc Sampul sd Daftar pustaka pada link-link berikut :

 

No comments:

Post a Comment