Friday, January 17, 2020

Makalah Aksiologi Kesehatan Masyarakat Mata Kuliah Filsafat dan Logika

Download Makalah Secara lengkap file doc pada link berikut :
Makalah Aksiologi Kesehatan Masyarakat 



KATA PENGANTAR



Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan karunia-Nya, sehingga saya dapat menyelesaikan penyusunan makalah yang berjudul Aksilogi Kesehatan Masyarakat.
Di kesempatan kali ini pula saya ingin menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penyusunan makalah ini. Harapan saya, kiranya makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca untuk dijadikan sebagai bahan referensi dalam mempelajari bahasan ini.
Akhir kata, tak ada gading yang tak retak. Saya menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, saya dengan senang hati akan menerima kritik dan saran yang membangun.


Makassar,


                                            







BAB I

PENDAHULUAN

Aksiologi yaitu bagian dari filsafat yang menaruh perhatian tentang baik dan buruk (good and bad), benar dan salah (right and wrong), serta tentang cara dan tujuan (means and objective). Aksiologi mencoba merumuskan suatu teori yang konsisten untuk perilaku etis. Nilai suatu ilmu berkaitan dengan kegunaan. Guna suatu ilmu bagi kehidupan manusia akan semakin tahu tentang kehidupan. Kehidupan itu ada dan berproses yang membutuhkan tata aturan. Aksiologi memberikan jawaban untuk apa ilmu itu digunakan. Ilmu tidak akan menjadi sia-sia jika kita dapat memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya dan di jalan yang baik pula.
Pada hakikatnya aksiologi merupakan cabang filsafat yang mempelajari tentang nilai secara umum. Sebagai landasan ilmu aksiologi mempertanyakan untuk apa pengetahuan yang berupa ilmu itu dipergunakan? Bagaimana kaitan cara penggunaan itu dan kaidah moral? Bagaimana penentuan objek yang ditelaah berdasarkan pilihan moral? Bagaimanakah kaitan antara teknik, prosedural yang merupakan operasionalisasi metode ilmiah dan norma-norma moral atau profesional? Aksiologi merupakan cabang filsafat ilmu yang mempertanyakan bagaimana manusia mempergunakan ilmunya.
Aksiologi dipahami sebagai teori nilai. Suriasumantri (1998: 234) mengatakan aksiologi sebagai teori nilai yang berkaitan dengan kegunaan dari pengetahuan yang diperoleh. Menurut Francis Bacon (dalam Latif, 2014:229) bahwasanya “Pengetahuan adalah kekuasaan” apakah kekuasaan itu merupakan berkat atau justru malapetaka yang disebabkan oleh ilmu, kita tidak bisa mengatakan bahwa itu merupakan kesalahan ilmu, karena ilmu itu sendiri merupakan alat bagi manusia untuk mencapai kebahagiaan hidupnya. Lagi pula ilmu memiliki sifat netral, ilmu tidak mengenal baik atau buruk melainkan tergantung pada pemilik yang menggunakannya.
 Erliana Hasan (dalam Latif, 2014:238) mengatakan ada dua karakteristik yang berkaitan dengan teori nilai, yaitu sebagai berikut. Pertama, nilai objektif atau subjektif. Nilai objektif jika ia tergantung pada subjek atau kesadaran menilai. Sebaliknya nilai itu subjektif jika eksistensinya, maknanya, dan validitasnya tergantung pada realitas subjek yang melakukan penilaian tanpa mempertimbangkan apakah ini bersifat fisik atau psikis. Suatu nilai dikatakan objektif apabila memiliki kebenarannya tanpa memperhatikan dan penilaian manusia. Kedua, nilai dikatakan absolut atau abadi apabila nilai sudah berlaku dari zaman dahulu hingga zaman sekarang dan akan berlaku sepanjang masa secara absah, serta akan berlaku bagi siapapun tanpa memperhatikan ras atau kelas sosial.
Dalam aksiologi terdapat dua penilaian yang umum digunakan, yaitu etika dan estetika. Jadi dapat disimpulkan bahwa aksiologi merupakan cabang filsafat yang mempelajari tentang teori nilai dan hakikat nilai yang berkaitan dengan kegunaan dari pengetahuan yang diperoleh dalam kehidupan manusia dan nilai merupakan tolak ukur kebenaran, etika dan moral dalam penerapan ilmu pada kehidupan sehari-hari.

1. Apa pengertian Aksiologi
2. Bagaimana penerapan aksiologi dalam kehidupan

C.  Tujuan

Tujuan pembuatan makalah ini adalah :
1.  Untuk mengetahui pengertian aksiologi
2.  Untuk mengetahui bagaimana penerapan aksiologi dalam kehidupan.

BAB II

PEMBAHASAN

Aksiologi berasal dari perkataan oxios (Yunani) yang berarti nilai dan logos berarti teori. Suriasumantri (1998: 234) mengatakan aksiologi sebagai teori nilai yang berkaitan dengan kegunaan dari pengetahuan yang diperoleh. Menurut Kamus Bahasa Indonesia (1995:19), aksiologi adalah kegunaan ilmu pengetahuan bagi kehidupan manusia, kajian tentang nilai-nilai khususnya etika. Dalam Encyclopedia of Philosophy (dalam Amsal:164) dijelaskan aksiologi disamakan dengan value and valuation.
Menurut Latif (2014:230) aksiologi merupakan ilmu yang mempelajari hakikat dan manfaat yang sebenarnya dari pengetahuan, dan sebenarnya ilmu pengetahuan itu tidak ada yang sia-sia kalau dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan di jalan yang baik pula. Karena akhir-akhir ini banyak sekali yang mempunyai ilmu pengetahuan yang lebih itu dimanfaatkan dijalan yang tidak benar. Menurut Bramel Aksiologi terbagi tiga bagian :
1. Moral Conduct yaitu tindakan moral. Bidang ini melahirkan disiplin khusus yaitu etika.
2. Estetic expression yaitu ekspresi keindahan. Bidang ini melahirkan keindahan.
3. Socio-politcal life yaitu kehidupan sosial politik, yang akan melahirkan filsafat sosial politik.
Dalam aksiologi terdapat dua penilaian yang umum digunakan, yaitu etika dan estetika. Jadi dapat disimpulkan bahwa aksiologi merupakan cabang filsafat yang mempelajari tentang teori nilai dan hakikat nilai yang berkaitan dengan kegunaan dari pengetahuan yang diperoleh dalam kehidupan manusia dan nilai merupakan tolak ukur kebenaran, etika dan moral dalam penerapan ilmu pada kehidupan sehari-hari.
Ilmu dan Moral Menurut Latif (2014:307) ilmu adalah seperangkat atau kumpulan pengetahuan yang teratur yang memiliki prosedur yang sistematis dan memiliki logika atau rasionalitas yang didukung oleh fakta empiris secara objektif dan teruji  



Download Makalah Secara lengkap file doc pada link berikut :
Makalah Aksiologi Kesehatan Masyarakat
 

No comments:

Post a Comment