Friday, January 17, 2020

Makalah Hematologi Mata Kuliah Kimia Klinik file doc.


Download File doc. lengkap makalah ini Hematologi pada link berikut :

 

KATA PENGANTAR
          Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan karunianya kami dapat menyusun tugas Kimia Klinik dalam penyusunan makalah yang berjudul “Hematologi”.
          Dalam makalah ini dibahas materi dan penjelasan tentang darah, mulai dari pengertian darah, volume darah, komposisi darah, fungsi darah, dan fungsi sel-sel darah.
          Kami mengucapkan terima kasih kepada teman-teman yang telah membantu, sehingga makalah ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya.
          Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna baik dari bentuk penyusun maupun materinya. Oleh kkarena itu, kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca demi menyempurnakan makalah ini.Akhir kata, semoga makalah ini dapat memberikan manfaat dan wawasan dan peningkatan ilmu pengetahuan.

Makassar 13 Januari 2020

Penyusun





DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
a.   Latar Belakang
b.   Rumusan Masalah
c.   Tujuan
BAB II PEMBAHASAN
a.   Komposisi Dan struktur sel darah manusia
b.   Fungsi sel darah dan plasma darah pada tubuh manusia
c.   Nilai dan ukuran normal komponen darah manusia
d.   Sel –sel darah merah, anemia dan polisitemia
e.   Leukosit, granulosit, makrofag, monosit, inflamasi
f.     Imunitas dan alergi
g.   Hemostatis dan pembekuan darah
h.   Faktor yang mempengaruhi proses pembekuan darah

BAB III PENUTUP
a.   Kesimpulan
b.   Saran
DAFTAR PUSTAKA


BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar belakang
Hematologi adalah ilmu kedokteran yang mempelajari darah, organ pembentuk darah dan jaringan limforetikuler serta kelainan-kelainan yang timbul darinya.  Hematologi mempelajari baik keadaan fisiologik maupun patologik organ-organ tersebut di atas sehingga hematologi meliputi bidang ilmu kedokteran dasar maupun bidang kedokteran klinik.
 (corvin J Elizabeth, 2010)
Darah merupakan jaringan yang membentuk cairan yang terdiri dari 2 bagian besar yaitu plasma darah dan bagian korpuskali.  Dalam arti lain hematologi juga dikenal sebagai cabang ilmu kedokteran mengenai sel darah, organ pembentuk darah, dan kelainan yang berhubungan dengan sel serta organ pembentuk darah. Setiap orang mengetahui bahwa pendarahan pada akhirnya akan berhenti ketika terjadi luka  atau terdapat luka lama yang mengeluarkan darah kembali. Saat pendarahan berlangsung, gumpalan darah beku akan segera terbentuk dan mengeras.
          Darah harus membeku pada waktu dan tempat yang tepat, dan ketika keadaannya telah pulih seperti sediakala, darah beku tersebut harus lenyap, system ini bekerja tampa kesalahan sedikit pun hingga bagian-bagiannya  yang terkecil. Jika terjadi pendarahan, pembekuan darah harus segera terjadi demi mencegah kematian, di samping itu darah beku tersebut harus menutupi keseluruhan luka, dan yang lebih penting lagi, harus terbentuk tepat hanya pada lapisan paling atas yang menutupi luka. Jika pembekuan darah tidak terjadi pada saat dan tempat yang tepat, maka keseluruhan darah pada makhluk tersebut akan membeku dan berakibat pada kematian.(evelyn,2010).

B.Rumusan masalah
1. Apa yang dimaksud dengan darah ?
2.Apa fungsi darah bagi manusia ?
3. Berapa volume darah pada manusia ?
C.Tujuan
Mengetahui fungsi darah, Mengetahui hubungan darah dengan kesehata,Untuk mengetahui komposisi darah manusia.
           
 
BAB II
PEMBAHASAN
a. Komposisi dan struktur darah manusia.
v Karakteristik
1.   Darah adalah sejenis jaringan ikat yang sel-selnya (elemen pembentuk) tertahan dan di bawa dalam matriks cairan (plasma).
2.   Darah lebih berat dibandingkan dengan air dan lebih kental, cairan ini memiliki rasa dan bau yang khas, serta ph 7,4 (7,35-7,45).
3.   Warna darah bervariasi dan merah terang  sampai merah tua kebiruan, bergantung pada kadar oksigen yang dibawa ke sel darah merah.
4.   Volume darah tetap sekitar 5 liter pada laki-laki dewasa berukuran rata-rata, dan  kurang sedikit pada perempuan dewasa, volume ini bervariasi sesuai dengan ukuran tubuh dan berbanding terbalik dengan jumlah jaringan edukosa dalam tubuh, volume ini juga bervariasi dengan perubahan  cairan darah dan konsentrasi elektrolitnya.

v Komposisi
Darah terdiri daripada beberapa 

Download File lengkapnya doc. lengkap makalah Hematologi pada link berikut :

 

No comments:

Post a Comment