Friday, January 17, 2020

Makalah Perbedaan Perusahaan Jasa Dan Perusahaan Perdagangan serta contoh


Download Makalah lengkap gambar dan deskripsi serta contoh-contoh usaha jasa dan usaha dagang file doc. pada link berikut :


Perbedaan Perusahaan Jasa Dan Perusahaan Perdagangan dengan contoh
Perusahaan Jasa
Perusahaan jasa adalah industri yang bergerak dengan tujuan untuk menghasilkan keuntungan cara menjual jasa yang berbentuk abstrak. Dengan kata lain, perusahaan jasa menawarkan bantuan yang tidak berbentuk sebagai sebuah produk atau barang.
Di Indonesia, perusahaan jenis ini berkembang dengan pesat. Beberapa di antaranya yakni jasa konsultan keuangan, guru bimbingan belajar baik online maupun offline, hingga jasa strategi pemasaran. Untuk mengetahuinya secara jelas, perusahaan jasa memiliki 3 ciri, yakni sebagai berikut:
1. Tidak mempunyai patokan harga resmi yang beredar di pasaran
2. Hanya menjual jasa, tanpa produk fisik yang dapat dilihat
3. Tidak memerlukan modal atau bahan produksi
Meski tidak membutuhkan modal besar, bukan berarti perusahaan jasa tidak memiliki risiko yang berarti. Jika diamati secara saksama, perusahaan ini tetap mempunyai beberapa risiko, misalnya:
1. Pilihan untuk menjalankan strategi pemasaran tidak banyak
2. Agak susah untuk dipercaya karena tidak adanya testimoni dari pelanggan ternama
3. Pelanggan tidak dapat melakukan komplain karena tidak adanya produk fisik yang ditawarkan
Maka dari itu, untuk menghindari terjadinya kesalahpahaman antara penyedia jasa dan pelanggan, ada baiknya untuk melakukan kesepakatan bersama dengan bukti tertulis sebelum perusahaan mulai mengerjakan permasalahan yang dihadapi para pelanggannya.
Perusahaan Dagang
Berbeda dengan perusahaan jasa, perusahaan dagang adalah industri yang menjual produk atau barang yang tersedia kepada pelanggan. Perusahaan dagang sendiri tidak melakukan sendiri produksi barangnya, namun mengambil atau membeli produk dari persediaan pemasok dalam bentuk bahan yang telah jadi sebelumnya.
Untuk tujuannya sendiri, perusahaan dagang berfokus pada proses menjual kembali produk atau barang yang telah diambil dari para pemasok dengan mengambil keuntungan yang didapatkan dari selisih penjualan.
Selain itu, ada berbagai perbedaan pada perusahaan dagang dengan perusahaan lainnya, seperti:
1. Tersedia stok persediaan barang jadi
2. Adanya harga pokok produksi yang harus dikeluarkan untuk memudahkan penentuan harga pokok barang
3. Tidak adanya laporan biaya akuntansi yang diwajibkan
Adapun jenis perusahaan yang telah memonopoli sebagian besar pasar di seluruh dunia adalah perusahaan dagang. Hal ini disebabkan oleh beragam produk inovatif yang ditawarkan sehingga pelanggan mendapatkan apa yang dibutuhkannya.
Demikian tadi beberapa informasi yang perlu diketahui mengenai perbedaan perusahaan jasa dan perusahaan dagang. Di Indonesia, salah satu lokasi strategis perusahaan dagang yang juga mengikuti perkembangan tren teknologi yakni di Karawang New Industry City (KNIC).
Kawasan yang terletak di Jawa Barat ini mengusung banyak kelebihan termasuk teknologi dan sistem yang terintegrasi kelas dunia sehingga kehadiran infrastruktur kelas dunia terlihat jelas di tempat ini.
Tidak hanya bertujuan untuk mendukung kinerja sebuah perusahaan manufaktur, KNIC juga hadir untuk mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi daerah serta menghadirkan Multiplier Effect yang berguna bagi perkembangan sosio-ekonomi di Karawang dan daerah-daerah di kawasan Jawa Barat.


Download Makalah lengkap gambar dan deskripsi serta contoh-contoh usaha jasa dan usaha dagang file doc. pada link berikut :


No comments:

Post a Comment