Monday, April 1, 2019

MAKALAH TENTANG KEBUTUHAN NUTRISI

Download Makalah Lengkap pada link berikut :
🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻
http://ethobleo.com/1LoA





MAKALAH TENTANG KEBUTUHAN NUTRISI






DI SUSUN OLEH
KELOMPOK III

1.      MEGAWATI
2.      RISKA FEBRIANTIKA
3.      ARIANCE

DOSEN PEMBIMBING: DOSEN: ATA N.FALILAT,S.Kep,Ns,Cwcca

SEKOLAH TINGGI ILMU KEPERAWATAN (STIKPER)
GUNUNG SARI MAKASSAR
T.A 2019



KATA PENGANTAR
                Rahmat dan inayah-nya serta shalawat dan salam marilah senantiasa kita junjungkan kehadirat Nabi Muhammad SAW sehinnga kami dapat menyelesaikan makalah kami”KEBUTUHAN  NUTRISI ”
                Tugas ini kami susun berdasarkan referensi data dari internet,buku,bahkan jurnalpun kami gunakan sebagai referensi.makalah ini kami susun secara sistematis dengan tujuan untuk menyelesaikan tugas kami.
                Kami menyadari bahwa makalah ini tentu masih ada kekurangan dan kelemahan.untuk itu,kritik dan saran yang konstruksi sangat kami harapkan agar makalah ini bisa menjadi acuan kedepan yang lebih baik lagi.semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi kita semua khususnya mahasiswa dan mahasiswi Stikper gunung sari Makassar serta mendapatkan ridho Allah SWT.
Akhir kata terimakasih.


                                                                                                Pemyusun
                                                                                    Makassar, 30 maret  2019


                                                                                               






DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ………………………………………………………………..
DAFTAR ISI…………………………………………………………………………..
BAB1 PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG………………………………………………………….....

B. RUMUSAN MASALAH
C. TUJUAN…………………………………………………………………………..
D .MANFAAT………………………………………………………………………..
BAB II Tinjauan teori
A.pengertiannutrisi……………………………………………………………………
B. Anatomi dan fisiologi pecernaan………………………………………………….
C. Keseimbangan energy dan metabolisme basal…………………………………...
D. Kebutuhan nutrisi pada manusi…………………………………………………..
BAB III Asuhan keperawatan pada klien dengan gangguan pemenuhan kebutuhan nutrisi
A.    Pengkajian………………………………………………………………………….
B.     Analisa data………………………………………………………………………...
C.    .Masalah…………………………………………………………………………….
D.    Diagnosa keperawatan……………………………………………………………..
E.     Perencanaan tindakan keperawatan……………………………………………
F.     Catatan perkembangan dan evaluasi sumatif………………………………….
BAB IV PENUTUP
     A.Kesimpulan……………………………………………………………………….
B. Saran……………………………………………………………………………...
DAFTAR PUSTAKA

 


BABA I
   PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Kebutuhan dasar manusia merupakan unsur-unsur yang dibutuhkan oleh manusia dalam mempertahankan keseimbangan fisiologis maupuan psikologis, yang tentunya bertujuan untuk mempertahankan kehidupan dan kesehatan. Misalnya kebutuhan akan oksigen, nutrisi, cairan dan elektrolit, intek dan output, eliminasi, personal hygiene, bodi mekanik dan posisi. Dalam pendapatnya Henderson membagi KDM menjadi 14 typologidi, diantaranya kebutuhan bernafas secara normal, kebutuhan makan dan minum, kebutuhan eliminasi, kebutuhan bergerak, dan mempertahan posisi, kebutuhan istirahat dan tidur, kebutuhan memilih pakaian yang tepat, kebutuhan untuk mempertahan kan temperature tubuh, krbutuhan untuk menjadikan tubuh bersih dan baik, kebutuhan menghindari kerusakan lingkungan dan injuri, kebutuhan  berkomunikasi dengan orang lain termasuk mengekspresikan keinginan, emosi, kebutuhan keyakinan atau kepercayaan, kebutuhan bekerja, kebutuhan bermain dan berpartisipasi dalam rekreasi dan kebutuhan belajar menentukan kegunaan untuk perkembangan dan fasilitas kesehatan.
Tubuh memerlukan energi untuk fungsi-fungsi organ tubuh, mempertahankan suhu, fungsi enzim, pertumbuhan sel yang rusak. Metabolisme merupakan proses biokimia pada sel tubuh. Proses metabolisme dapat berupa nabolisme ( membangun) atau katabolisme (penguraian).
Masalah nutrisi erat kaitannya dengan intake makanan dan metabolisme tubuh serta faktoryang mempengaruhinya. Secara umum faktor yang mempengaruhi kebutuhan nutrisi adalah fisiologis untuk kebutuhan metabolisme bassal, faktor patologis seperti adanya penyakit tertentu yang mengganggu pencernaan atau meningkatkan kebutuhan nutrisi, faktor sosio ekonomi seperti adanya kemampuan individu dalam memenuhi kebutuhan nutrisi.
Nutrisi sangat penting bagi manusia karena nutrisi merupakan kebutuhan fital bagi semua makhluk hidup, mengkonsumsi nutrien (zat gizi) yang buruk bagi tubuh tiga kali sehari selama puluhan tahun akan menjadi racun yang menyebabkan penyakit di kemudian hari.Dalam pemenuhan kebutuhan nutrisi ada sistem yang berperan di dalamnya yaitu sistem pencernaan yang terdiri dari saluran pencernaan dan organ asesoris, saluran pencernaan dimulai dari mulut sampai usus halus bagian distal. Sedangkan organ asesoris terdiri dari hati, kantong empedu dan pankreas.
Nutrisi sangat bermanfaat bagi tubuh kita karena apabila tidak ada nutrisi maka tidak ada gizi dalam tubuh kita. Sehingga bisa menyebabkan penyakit/terkena gizi buruk oleh karena itu kita harus memperbanyak nutrisi yang kita konsumsi. Pentingnya konsumsi gizi, di buktikan dengan banyaknya progam pemerintah dalam mempertahankan stats gizi masyarakat di Indonesia. mulai dari ibu hamil, bayi dalam kandungan, bayi, anak-anak, dewasa sampai lanjut usia. Hal itu untuk menjaga kualitas masyarakat Indonesia agar tetap memiliki nutrisi yang baik.
B.     RUMUSAN MASALAH
1.Apa itu pengertian nutrisi ?
2.bagaimana anatomi dan fisiologi pencernaan ?
3.apa saja factor yang mempengaruhi nutrisi ?
4. apa saja nutrisi yang kita butuhkan ?
5. masalah apa saja yang timbul dalam pemenuhuhan kebutuhan nutrisi ?
6. bagaimana prosedur tindakan pemenuhan kebutuhan nutrisi ?
C. TUJUAN
1.      untuk mengetahui definisi nutrisi
2.      untuk mengetahui anatomi fisiologi pencernaan
3.      untuk mengetahui factor –faktor yang mempengaruhi pemenuhan nutrisi
4.      untuk mengetahui masalah yang timbul dalam pemenuhan kebutuhan nutrisi
5.      untuk mengetahui prosedur tindakan pemenuhan kebutuhan nutrisi
D. MANFAAT
1.      menurunkan tingkat stres saat anda menngkonsumsi makanan yang sehat, anda dapat mengatasi stress lebih cepat dan memiliki konsentrasi untuk bekerja lebih baik.
2.      membantu aktifitas secara fisik maupun mental. Vitamin yang terdapat pada makanan, tidak hanya akan mempengaruhi kesehatan fisik tetapi dapat mempengaruhi kesehatan mental juga.
                       

Download Makalah Lengkap pada link berikut :
🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻
http://ethobleo.com/1LoA

    
               
BAB II
TINJAUAN TEORI
A.      Pengertian Nutrisi
 Nutrisi adalah zat-zat gizi dan zat lain yang berhubungan dengan kesehatan dan penyakit, termasuk keseluruhan proses dalam tubuh manusia untuk menerima makanan atau bahan-bahan dari lingkungan hidupnya dan menggunakan bahan-bahan tersebut untuk aktivitas penting dalam tubuhnya serta mengeluarkan zat sisa.
Nutrisi  berfungsi untuk membentuk dan memelihara jaringan tubuh, mengatur proses-proses dalam tubuh, sebagai sumber tenaga, serta untuk melindungi tubuh dari serangan penyakit. Dengan demikian, fungsi utama nutrisi (suitor & hunter, 1980) adalah untuk memberikan energy bagi aktivitas tubuh, membentuk struktur kerangka dan jaringan tubuh, serta mengatur berbagai proses kimia dalam tubuh.
 Masalah nutrisi erat kaitannya dengan intake makanan dan metabolisme tubuh serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Secara umum faktor yang mempengaruhi kebutuhan nutrisi adalah faktor fisiologis untuk kebutuhan metabolisme basal, faktor patofisiologi seperti adanya enyakit tertentu yang mengganggu pencernaan atau meningkatkan kebutuhan nutrisi, faktor sosio-ekonomi seperti adanya kemampuan individu dalam memenuhi kebutuhan nutrisi.
  Nutrien adalah suatu unsur yang dibutuhkan untuk proses dan fungsi tubuh. Gizi adalah substansi organic dan non organic yang ditemukan dalam makanan dan dibutuhkan oleh tubuh agar dapat berfungsi dengan baik (kozier,2004). Nutrisi adalah ikatan kimia yang diperlukan tubuh untuk melakukan fungsinya, yaitu energi, membangun dan memelihara jaringan, serta mengatur proses-proses kehidupan (Soenarjo,2000).
Menurut Rock CL (2004), nutrisi adalah proses dimana tubuh manusia menggunakan makanan untuk membentuk energi, mempertahankan kesehatan, pertumbuhan dan untuk berlangsungnya fungsi normal setiap organ baik antara asupan nutrisi dengan kebutuhan nutrisi.
Sedangkan menurut Supariasa (2001), nutrisi adalah suatu proses organisme menggunakan makanan yang dikonsumsi secara normal melalui proses degesti, absorbsi, transportasi, penyimpanan, metabolisme dan pengeluaran zat-zat yang tidak digunakan untuk mempertahankan kehidupan, pertumbuhan, dan fungsi normal dari organ-organ, serta menghasilkan energy.
B.       Anatomi dan Fisiologi Pencernaan
  Saluran pencernaan terdiri dari mulut, tenggorokan, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, rectum dan anus.
1.      Mulut
Gigi berfungsi untuk menghancurkan makanan pada awal proses pencernaan. Mengunyah dengan baik dapat mencegah terjadinya luka parut pada permukaan saluran pencernaan. Setelah dikunyah lidah mendorong gumpalan makanan ke dalam faring, dimana makanan bergerak ke esophagus bagian atas dan kemudian ke bawah ke dalam lambung.
2.      Esofagus
Esofagus adalah sebuah tube yang panjang. Sepertiga bagian atas adalah terdiri dari otot yang bertulang dan sisanya adalah otot yang licin. Permukaannya diliputi selaput mukosa yang mengeluarkan secret mukoid yang berguna untuk perlindungan.
3.      Lambung
Gumpalan makanan memasuki lambung, dengan bagian porsi terbesar dari saluran pencernaan. Pergerakan makanan melalui lambung dan usus dimungkinkan dengan adanya peristaltic, yaitu gerakan konstraksi dan relaksasi secara bergantian dari otot yang mendorong substansi makanan dalam gerakan menyerupai gelombang. Pada saat makanan bergerak ke arah spingter pylorus pada ujung distal lambung, gelombang peristaltik meningkat. Kini gumpalan lembek makanan telah menjadi substansi yang disebut chyme. Chyme ini dipompa melalui spingter pylorus kedalam duodenum. Rata-rata waktu yang diperlukan untuk mengosongkan kembali lambung setelah makan adalah 2sampai 6 jam.
4.      Usus halus
Usus halus yang terdiri dari duodenum, jejunum, dan ileum yang panjangnya kira-kira 6 meter dengan diameter 2,5 cm. Usus besar terdiri dari rectum, colon dan rectum yang kemudian bermuara pada anus. Panjang usus besar sekitar 1,5 meter dengan diameter kira-kira 6 cm. Usus menerima makanan yang sudah berbentuk chime (setengah padat) dari lambung untuk mengabsorbsi air, nutrient, potassium, bikarbonat dan enzim.
Chyme bergerak karena adanya peristaltik usus dan akan berkumpul menjadi feses di usus besar. Dari makan sampai mencapai rectum normalnya diperlukan waktu 12 jam. Gerakan colon dibagi menjadi 3 bagian yaitu, pertama houstral shuffing adalah gerakan mencampur chyme untuk membantu mengabsorbsi air, kedua kontraksi haustrl yaitu gerakan untuk mendorong materi air dan semi padat sepanjang colon, ketiga gerakan peristaltic yaitu gerakan maju ke anus yang berupa gelombang. Makanan yang sudah melewati usus halus : Chyme, akan tiba di rectum 4 hari setelah ditelan, jumlah chime yang direabsorbsi kurang lebih 350 ml.
5.      Usus besar (kolon)
Kolon orang dewasa, panjangnya kurang lebih 125-150 cm atau 50-60 inch, terdiri dari :Sekum, yang berhubungan langsung dengan usus halus. Kolon terdiri dari kolon asenden, transversum, desenden dan sigmoid. Rektum, 10-15 cm/ 4-6 inch.


Download Makalah Lengkap pada link berikut :
🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻
http://ethobleo.com/1LoA


 

No comments:

Post a Comment