Friday, May 24, 2019

Makalah MANAJEMEN RESTORAN & BAR “Membuat Restoran”


MANAJEMEN RESTORAN & BAR
“Membuat Restoran”

 
Disusun oleh :
Kelompok 5
RISVATI BATARA
RUTH THEO GRACE

ADMINISTRASI PERHOTELAN
4B

POLITEKNIK PARIWISATA NEGERI MAKASSAR
TAHUN AJARAN 2017/2018



KATA PENGANTAR
Puji syukur semoga senantiasa terpanjatkan kehadirat Tuhan YME yang  telah memberikan semua limpahan serta rahmatNya kepada kita semua, sehingga proposal usaha yang kami buat ini dapat disusun dengan maksimal dan tepat waktu.
Adapun jenis usaha yang akan kami jalankan nantinya adalah     usaha Marugame Restaurant.. Besar harapan Kami agar proposal ini bisa memberikan manfaat untuk menambah pengetahuan bagi pembaca . Kami menyadari betul bahwa hadirnya proposal ini tentu bukan berarti ia sempurna dan lepas dari masukan. Oleh karena itu, kritik dan saran semua sangat kami harapkan dan kami terbuka untuk itu.

Makassar, 01 Mei 2019
Penyusun










Bab I
Pendahuluan
A.    Latar Belakang
Setelah memikirkan usaha apa yang akan kami bangun, kami akan membangun sebuah usaha restoran yang dimana akan dapat juga membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekaligus upaya melestraikan lingkungan.
Restoran adalah suatu tempat atau bangunan yang diorganisasi secara komersial, yang memberikan pelayanan dengan baik kepada semua tamunya baik berupa makanan maupun minuman. Restoran ada yang berlokasi dalam suatu hotel, kantor maupun pabrik, dan banyak juga yang berdiri sendiri di luar bangunan itu. Walaupun umumnya restoran menyajikan makanan ditempat, tetapi ada juga restoran yang menyediakan layanan take out dining dan delivery service untuk konsumen. Selain itu, restoran biasanya memiliki spesialisasi dalam jenis makanan yang dihidangkan seperti, Chinese Food, Khas Padang, Fast Food dan lain-lain.
Terdapat begitu banyak restoran  yang selalu memberi warna baru dalam bidang kuliner di berbagai kota di seluruh Indonesia. Restoran atau rumah makan merupakan sebuah istilah umum yang digunakan untuk menyebut usaha tata boga yang menyajikan berbagai hidangan kepada pembeli dan sekaligus menyediakan tempat yang dipergunakan untuk menikmati hidangan tersebut serta menetapkan biaya tertentu untuk setiap hidangan dan pelayanannya. Karena adanya perkembangan zaman yang begitu pesat dan menuntut untuk segala sesuatunya dilakukan dengan lebih cepat dan efisien termasuk juga dalam bidang tata usaha kuliner maka lahirlah restoran dengan konsep yang berbeda yaitu restoran cepat saji atau dalam bahasa inggris fast food restaurant. Restoran cepat saji ini adalah rumah makan yang dalam menghidangkan makanan dan minumannya kepada pelannggan hanya memakan waktu yang singkat. Beberapa hidangan yang umum terdapat di restoran cepat saji adalah burger dan ayam goreng. Namun akhir akhir ini beberapa restoran cepat saji mulai berinovasi dalam menyediakan menu menunya, seperti restoran dengan konsep makanan Jepang yang sedang naik daun belakangan tahun ini.
B.      Tujuan
Untuk belajar berwirausaha serta mengembangkan kreativitas dan memberikan pelayanan terhadap konsumen dan menyajikan hidangan Japanesse food yang berkualitas dan juga akan meningkatkan taraf hidup manusia dangan terciptanya lapangan kerja.

Bab II
Pembahasan
A.    Gambaran Umum Usaha
1.      Deskripsi Usaha
Jenis usaha restoran ini bernama Marugame Restaurant yang berlokasi di Jl.Pettarani NO.2 Makassar, Sulawesi Selatan, lokasi ini dipilih karena merupakan jalur lalu lintas besar dan juga merupakan salah satu jalur yang sering dilewati oleh masyarakat, asksesnya pun mudah karena dekat dengan pusat kota. Bidang usaha ini bergerak dibidang pelayanan dan penjualan produk, tempat ini akan beroperasional pada bulan Februari yang akan datang.
2.      Deskripsi Nama Usaha
Imperial dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berhubungan dengan kekaisaran/kerajaan, jadi disini kami akan memberitahukan bahwa hidangan yang kami punya memiliki rasa atau taste yang pekat terhadap lidah konsumen. Sehingga konsumen akan menyukai hidangan yang kami sajikan.
3.      Konsep Usaha & Lay Out
Konsep yang kami gunakan cukup berbeda, karena untuk hidangan Chinese sendiri itu lebih kepada satu jenis masakan saja diperjual belikan dan seringkali hanya di ruko ataupun di pinggir jalan, tetapi kami menyediakan tidak hanya satu jenis makanan tapi beberapa jenis jadi tamu akan merasa nyaman akan memilih menu yang akan kami tawarkan dan tentu dengan tarif yang relative murah serta kami memberi interior yang cukup nyaman untuk mengkomsumsi hidangan, bersantai serta bercakap dengan sanak bersama keluarga atau teman.



 
Struktur Organisasi

 


Job Decsription:
a.      Owner/Restaurant Manager/Supervisor
-          Sebagai pemilik dan pimpinan bagi seluruh bagian atau karyawan restoran
-          Membuat jadwal kerja untuk karyawan dan melakukan briefing sebelum operasional kepada seluruh karyawan
-          Memastikan bahwa restoran layak untuk beroperasional
-          Membuat purchase request untuk bahan-bahan makanan dan minuman serta memeriksa persediaan makanan dan minuman
b.      Accounting/Finance
-          Menghitung pendapatan makanan dan minuman
-          Membuat laporan keuangan
-          Melakukan purchase order bahan makanan dan minuman kepada supplier
-          Memastikan serta membagikan gaji karyawan
c.       Chef
-          Memastikan bahan makanan tersedia
-          Bertanggung jawab atas cita rasa pada setiap makanan
d.      Cook Helper
-          Membantu chef dalam pembuatan makanan
-          Memastikan/mengecek persediaan bahan makanan
e.      Waiter/Waitrees
-          Memberikan pelayanan yang baik kepada tamu
-          Menyajikan product kepada tamu
f.        Security
-          Menjaga keamanan area luar/parkir
-          Memastikan kendaaran tamu tersusun dengan baik
-          Membantu mengarahkan kendaraan tamu ke area parkir yang sudah ditentukan
-          Memberitahukan informasi seputar daerah sekitar restoran
4.      Fasilitas Penunjang
a.      Hotspot Area
Jadi setiap tamu yang datang direstaurant/rumah makan kami akan menyediakan Free Wifi, karena kenyamanan tamu merupakan prioritas kami dan juga untuk mengakses ke jaringan wifi pun kami memberi password dan menggantinya setiap hari agar demi keamanan. Jumlah wifi yang ada di restoran sebanyak 4 dimana areanya berada di 2 ruangan VIP, 1 di office dan 1 dibagian area umum restoran.
b.      Full Music
Di lounge, kami juga memberikan alunan music untuk tamu mungkin bukan live acoustic tapi kami menggunakan speaker dan iringan music yang akan kami berikan itu tidak sebagaimana akan menggangu tamu melainkan akan memberikan rasa nyaman terhadap tamu itu sendiri.
c.       Baby Chair ( Kursi Bayi )
Seringakali tamu yang datang itu tidak dipungkiri akan membawa anaknya yang masih bayi atau balita, jadi kami mengantisipasi dengan menyediakan beberapa kursi bayi untuk dipakai, kami menyediakan kursi tersebut karena kenyamanan tamu adalah prioritas. Jumlah kursi bayi yang restoran kami sediakan ada 5.
d.      VIP Room/Private Room
Kami juga menyediakan ruangan VIP untuk sebagian tamu yang rombongan atau keluarga yang ingin ruangan khusus tidak ada kontak dengan tamu-tamu yang lain, kapasitas ruangan tersebut maksimal 12 orang dengan tambahan Baby Chair.
B.     Identitas Usaha
1.      Nama Usaha         : Marugame Restaurant
2.      Alamat                  :Jl.Pettarani No. 2, Makassar, Sulawesi          Selatan
3.      No. Telp                 : (0411) 88221
C.     Aspek Pemasaran/Promosi
Dalam Pemasaran ini kami menggunakan sistem 7p dengan maksud agar semua strategi maupun target pencapaian dapat berjalan dengan baik demi kemajuan usaha.
1.      Product
Dalam hal ini, kami bergerak dibidang pelayanan serta produksi makanan dan minuman, tetapi kami memfokuskan atau menyediakan hidangan yang disajikan itu lebih kepada Japannese food, karena di Indonesia khususnya dikota Makassar, hidangan tersebut banyak digemari oleh masyarakat setempat maka dari itu potensi usaha ini terbilang cukup bagus untuk dikembangkan.


2.      Price
Biaya yang kami kenakan itu terbilang cukup relative karena untuk seporsi pun itu sudah bisa disantap oleh 2 orang maksimal dan kami juga menyediakan versi besar atau jumbo untuk tamu-tamu rombongan atau keluarga dengan biaya yang sudah ditentukan dan soal cita rasa akan sebanding dengan harga yang kami berikan.



3.      Place / Location
Restoran kami berlokasi di Jl. Pettarani No.2 Makassar, Sulawesi Selatan, kami memilih lokasi tersebut karena jalan tersebut merupakan jalur besar, ramai dan juga akses kesana mudah karena berdekatan dengan pusat kota serta disana pun banyak usaha restoran atau rumah makan jadi tidak dapat dipungkiri bahwa akan ada persaingan dalam segala aspek baik itu dari segi harga, tempat dan pelayanan tetapi kami akan memberikan yang terbaik bagi tamu serta meningkatkan promosi penjualan.
4.      Promotion
Strategi pemasaran kami sendiri itu lebih membidik untuk semua kalangan tetapi lebih mengacu kepada kalangan bawah para kaum muda atau dewasa dengan harga terjangkau tanpa mengesampingkan kualitas hidangan yang kami berikan.
5.      People
Untuk sumber daya manusia yang kami punya sudah berpengalaman baik itu dalam hal pelayanan, product maupun SOP yang kami punya jadi tamu tidak perlu khawatir mengenai pelayanan direstoran kami.
6.      Process
Proses yang dimaksudkan disini ialah proses pelayanan itu sendiri terhadap tamu yang datang, jadi ketika tamu datang, mereka bisa melihat menu-menu apa saja yang tersedia di bagian concierge dan juga kita menyediakan jasa untuk reservasi tetapi kami tidak mengharuskan bahwa tamu harus reservasi terlebih dahulu melainkan jikalau tamu mempunyai kendala diperjalanan atau telat maka dapat melakukan reservasi.
7.      Physical Evidence
Dalam hal bangunan, kami mempunyai satu tempat bangunan sebagai bukti fisik, dibangunan ( restoran ) tersebut, kami mendesign interior dengan simple tidak memakan banyak tempat dan nyaman dipandang baik bagi tamu maupun para karyawan itu sendiri.
Harga Menu Marugame
Daftar Menu
Harga
Uni Maguro Temaki
Rp 130.000
Baked Salmon Mayo Roll
Rp 50.000
Nori Ten Salmon
Rp 50.000
Beef Teriyaki Roll
Rp 40.000
Crunchy Salmon Roll
Rp 60.000
Salmon Teriyaki Roll
Rp 50.000
Townhouse Roll
Rp 80.000
Toro Aburi Roll
Rp 160.000
Vegetarian Temaki
Rp 25.000
Spicy Crab Egg Roll
Rp 40.000
Dragon Roll
Rp 75.000
Rainbow Roll
Rp 80.000
Scallop & Salmon Wafun Carpaccio
Rp 85.000
Spicy Maguro Roll
Rp 55.000
Saba Mayonnaise
Rp 80.000
Salmon Tornado Roll
Rp 42.000
Crunchy tuna
Rp 95.000
Sushi Tei Roll
Rp 68.000
Tuna Salad Crispy Mentai
Rp 70.000
Royal Soft Shell Roll
Rp 42.000
Crunchy Lobster roll
Rp 38.000
Black Pepper Tuna
Rp 73.000
Salmon Cheese Roll
Rp 68.000
Shimaaji Wafee Carpaccio
Rp 68.000
Hamachi Wafuo Carpaccio
Rp 80.000
Gyutan Negiyaki
Rp 70.000
Lobster Mentiyaki
Rp 375.000
Hotate Teriyaki
Rp 50.000
Salmon Head
Rp 48.000
Gyuniku Roll
Rp 50.000
Lemonade Mint
Rp 30.000
Orange Summer
Rp 30.000
Softdrink (fanta coca cola)
Rp 18.000
Air Mineral Botol
Rp 10.000
Aneka Hot/Iced Tea
Rp 11.000
Oolong Tea
Rp 18.00

Bab III
Penutup
A.    Kesimpulan
      Demikian proposal ini kami susun dengan sebaik baiknya yang bertujuan untuk menambah wawasan dan pengatahuan tentang peluang dalam dunia bisnis.
      Dan dalam proposal restoran ini kami dapat menyimpulkan bahwa dalam mendirikan sebuah restoran dibutuhkan cukup banyak modal untuk melengkapi segala kebutuhan yang diperlukan tetapi yang menjadi utama ialah konsep awal dan SDM karena apabila kedua hal tersebut tidak ada maka restoran tidak akan berjalan dengan baik.




No comments:

Post a Comment