Wednesday, February 6, 2019

6 Macam Contoh Teks Eksposisi


1. Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan :

1. Tesis :

Siri merah adalah jenis tanaman yang dijadikan obat tradisional oleh masyarakat. Tanaman ini bisa dibudidayaka untuk persediaan tanaman obat. Salah satu tanaman obat ini mempunyai banyak peranan dalam dunia kesehatan.

2. Argumetasi :

Ada banyak penelitian yang mengungkapkan tanaman ini sering menjadi obat diabetes, maag, kanker, dan obat ketombe. Ada juga manfaat lain yaitu menyembuhkan keputihan di area kewanitaan. Banyak yang menggunakan tanaman ini dengan cara mengambil daunnya,lalu diolah lewat perebusan. Tanaman ini memiliki kemampuan menjadi obat karena senyawa katif yang terkandung di dalam, seperti minyak atsiri, polivenl, euganor dan lainnya.

Penegasan Ulang :

Maka dari itu bisa dipahami bahwa siri merah bisa dipakai menyambuhkan beberapa penyakit dengan tradisional.

          

2. Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan Hidup


Tesis :

Diera milenial seperti sekarang ini, membuang sampah tidak pada tempatnya (khususnya di sungai) seolah menjadi hal yang lumrah. Ditambah lagi sekarang ini banyak orang orang di kota kota yang buang sampah asal-asalan.Hal ini dapat dilihat dari jumlahnya saluran sungai yang terhalang oleh sampah sampah yang setiap saat dapat mengakibatkan bencana banjir.

Argumentasi :

Sebagian pengamat menyimpulkan setiap tahunnya jumlah manusia yang melakukan aktifitas membuang sampah di sungai terus bertambah. Manusia juga belum pernah kapok dengan seringkali terjadinya banjir yang menimpa mereka sebab tingkah mereka sendiri. Bencana itu banyak juga menelan korban jiwa. Tak hanya korban luka luka tapi juga korban meninggal, namun hal ini tak membuat mereka sadara untuk membuang sampah pada tempatnya.

Penegasan Ulang :

Semestinya, setelah mengetahui bencana yang terjadi akibat ulah mereka sendiri, mereka mempunyai kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya serta tak akan membuangnya ke sungai supaya tidak merugikan lingkungan dan banyak orang. Supaya saluran air sungai lancar serta tidak memunculkan banjir.


3. Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan


Tesis:

Beberapa waktu kemarin sistem pendidikan di negara Indonesia sudah berubah yang begitu signifikan. Perbuhan yang terjadi berkaitan dengan kurikulum yang dipakai sebagai sistem pendidikan di Indonesia. Kurikulum 2016 yang lama digunakan diganti dengan kurikulum 2013 meskipun masih banyak sekolah yang belum memakai kurikulum 2016.

Argumentasi:

Kementrian pendidikan dan budaya telah memaparkan bahwa kurikulum 2016 diutamakan untuk sekolah yang memiliki akreditasi A atau sekolah yang standard internasional

Ada beberapa syarat untuk melaksanakan kurikulum 2013 salah satunya adalah harus dapat terjangkau oleh distribusi buku. Kementrian pendidikan dan budaya mengatakan bahwa kurikulum 2013 fokus ke pembanguan sikap, karakter, pengetahuan, dan juga keterampilan atas dasar kepada pendekaatn ilmiah.

Kurikulum 2013 juga fokus kepada hubungan pembelajaran dengan rasa syukur terhadap Tuhan lewat pengamatan, percobaan, dan pecipataan sebuah karya.

Tak hanyaitu, wakil kementrian pendidikan dan budaya musliar kasim beranggapan bahwa kurikulum 2013 lebih fokus praktik dari pada hafalan, karena selama ini para siswa banya dibebani hafalan tetapi seperti kurang efektif meningkatkan kreativitas.

Anggota dean pertimbangan presiden, Meutia Hatta, mengatakan bahwa kurikulum 2013 memiliki tujuan untuk membentuk karakter generasi yang berkualitas, cinta kepada tanah air dan bangsa.

Kurikulum 2013 menuntut siswa supaya aktif saat proses pembelajaran, jadi yang diharapkan supaya membentuk generali berkualitas. Masih banyak masyarakat yang menolak diterapkan kurikulum 2013. Mereka berpikir perubahan kurikulum mendadak dan memaksakan.

Ada juga anggapan bahwa kurikulum 2013 kurang fokus karena menggabungkan dua mata pelajaran yang memiliki substansi pokok berbeda.

Penegasan Ulang:

Meskipun akan membuat mata pelajaran yang akan diajarkan jadi sederhana, tapi tingkat pemahaman dan pengetahan yang dimiliki para siswa jadi berkurang karena materi tidak dipelajari dengan lengkap, tetapi dipisah yang bisa saja para siswa menjadi bingung.

4. Contoh Teks Eksposisi Tentang Politik


Tesis:

Pada hakikatnya organisasi tidak terlepas dari pertikaian. Pasti sudah banyak yang pernah mengikuti organisasi dan pernah mengalami pertikaian. Hal ini seperti bumbu layaknya pada dunia perpolitikan.

Argumentasi:

Yang pernah berorganisasi pernah memberikan pendapat bahwa karena ada yang tidak suka dengan salah satu anggota semua pasti akan tepengaruh, hal itu seharusnya tergantung dari kedewasaan masing masing. Jadi bisa memilih mana yang baik dan buruk.

Penegasan Ulang :

Kenapa ada pertikaian? Karena terjadi salah paham karena adu mulut dan lidah yang tak memiliki tulang metakan yang tidak seharusnya, hal ini menjadi penyebab pertikaian, apabila didiskusikan dengan rinci, maka akan baik baik saja, karena semua membutuhkan komunikasi. Sehingga sekecil apa pertikaian itu bisa diselesaikan bersama, karena dari hal kecil bisa menjadi besar.

 

5. Contoh Teks Eksposisi Tentang Ekonomi :


Tesis :

Pendidikan adalah senjata yang ampuh untuk mengubah perekonomian dunia, karena pendidikan adalah sarana yang digunkan untuk mempelajarai banyak hal yang bermanfaat. Selaim untuk meningkatkan angka pertumbuhan ekonomi, pendidikan juga dapat mengentaskan kemiskinan disuatu negara.

Argumentasi :

Indonesia memiliki tingkat pendidikan yang bisa dibilang lumayan baik. Pemerintah sudah mengeluarkan dana yang banyak untuk membangun gedung sekolah dan memberi sekolah gratis.

Seorang hanya tinggal para siswa yang harus memilili keinginan belajar dan berprestasi. Jadi semangat akan terbentuk dan harus memberi yang terbaik untuk negara karena pendidikan yang mudah sudah diberikan pemerintah.

Penegasan Ulang :

Saat fasilitas dan peran aktif para siswa sudah bergabung untuk ikut andil dalam sektor pendidikan dan ekonomi, maka kemungkinan besar derajat Indonesia lebih diakui di mata dunia. Bisa jasi akan banyak investor asing berdatangaan yang bida meningkatkan perekonomian di dalam negerai. Guru yang memiliki kualitas dan kompetensi juga akan membantu meningkatkan tingkat pendidikan di indonesia.

6. Contoh Teks Eksposisi Tentang Sosial

Lingkungan bersih adalah lingkungan yang selalu dibersihkan setiap hari. Lingkungan bersih memebuat selalu sehat dan mempunyai pikiran yang positif dan tenang. Tetapi apabila lingkungan ktor maka berpengaruh kepada aktivitas yang akan menjadi mudah marah, jenuh dan lainnya.
Ada yang setuju dnegan hal ini karena memang benar apbila bersih akan memberikan aura positif dan juga sebaliknya.
Lingkungan bersih membaut sehat, sedangkan lingkungan kotor akan membuat sakit. Apabila ada banyak baju kotor akan banyak nyamuk, sihingga akan menimbulkan penyakit demam berdarah. Sehingga selalu jaga kebersihan.

No comments:

Post a Comment