Saturday, February 23, 2019

8 Hewan Peliharaan


 1. Kucing

Source: 
JoeSang
Kucing bukan saja binatang pelihaaraan, bagi sebagian orang kucing adalah teman dan sahabat setianya dikala sedang sendiri di dalam rumah. Kucing yang lucu dan juga menggemaskan adalah salah satu faktor yang membuat orang menjadi tertarik untuk memeliharanya. Jenis-jenis kucing yang populer dan dipelihara oleh kebanyakan orang adalah jenis kucing lokal, kucing Persia, Angora, Bengal, birman, bambino, tiffanie, Ceylon dan lainya. Tidak sedikit juga kucing jenis Spink yang dikenal tanpa bulu ini, menjadi peliharaan sebagian orang, walaupun harganya cukup mahal. Merawat kucing juga termasuk sangat mudah dan mmurah.
2. Anjing

Source: 
karenwarfel
Hewan yang tidak kalah menggemaskan dari Kucing, yang populer dan banyak dipelihara orang adalah Anjing. Anjing yang dijadikan peliharaan di Indonesia juga ada beberapa jenis, diantaranya Anjing herder, Buldog, Peking, Pomeranian, Poodle, Chihuahua, Mini Pincher dan lain sebagainya. Orang memilih Anjing sebagai binatang peliharaanya karena Anjing adalah hewan yang penurut dan pintar. Hewan ini juga biasa dijadikan sebagai penjaga rumah. Anjing juga disukai karena memiliki bulu yang tebal, terutama pada jenis tertentu. Anjing yang lucu juga menjadi sahabat setia manusia.

3. Burung
Source: 
lizzyliz
Hewan unggas yang bisa terbang ini juga populer di Indonesia, karena banyak jenisnya, serta binatang ini memiliki keunikan corak yang menarik mata. Jenis burung yang biasa dipelihara oleh sebagian besar orang Indonesia adalah jenis merpati atau dara, Betet, Cendrawasih, Merak, Kakaktua, Love Bird, Beo dan lain sebagainya. Memelihara burung juga memerlukan budget khusus, seperti menyiapkan kandang, makanan dan minumanya. Burung juga harus rajin dibersihkan, agar tetap menarik dan pastikan burung yang diperlihara ini selalu sehat.
4. Ikan

Source: 
sharonang
Siapa yang tidak suka dengan Ikan, binatang peliharaan ini hampir bisa ditemui di rumah-rumah penduduk. Ikan ini ada berbagai jenis ukuran dan yang sering dipelihara adalah jenis ikan hias, seperti ikan Koki, ikan Koi, Arwana, ikan cupang dan lain sebagainya. Jika ingin memelihara satu ikan saja, sebaiknya gunakan Akuarium yang kecil, lengkap dengan hiasanya. Jika ingin mencampurkan beberapa jenis ikan, pastikan Ikan hias ini memiliki jenis sama dengan warna atau corak yang berbeda. Jangan satukan ikan yang lincah dengan ikan yang normal, karena mereka akan berkelahi dan salah satunya bisa mati. Jangan lupa untuk selalu mengganti air akuarium secara berkala.

5. Marmut
Source: Unsplash
Binatang marmot ini banyak dipelihara karena bentuknya yang kecil namun tetap menggemaskan. Marmut yang menjadi ikon film kartun Hamtaro ini, juga sering diikutkan dalam kontes khusus yang memperebutkan hadiah. Marmut suka dengan wortel, seperti hal nya kelinci, namun kamu harus bisa membedakan, bahwa wortel yang diberikan untuk marmot tentunya harus yang ukuranya kecil, jangan samakan dengan Kelinci. Anak-anak yang suka dengan binatang peeliharaan ini, boleh memeliharanya di rumah. Marmut juga bukan binantang yang berbahaya, makanan yang biasa diberikan adalah Biji bunga matahari.

6. Kura-Kura
Source: Pexels
hewan yang satu ini merupakan hewan yang unik karena memiliki ciri khas, berupa sebuah tempurung yang keras dan terletak di atas punggungnya. tempurung tersebut ternyata memiliki fungsi tersendiri yaitu untuk melindungi tubuh kura-kura bagian dalam yang lunak, jika suatu saat berada dalam ancaman yang berbahaya. ukuranya yang cenderung kecil ternyata menjadikan sebagian orang menyukai kura-kura ini. memelihara kura-kura sama saja dengan hewan lainya, harus rajin diberi makanan khusus kura-kura, diberi vitamin agar kura-kura tetap sehat dan bisa bertumbuh besar. sebaiknya letakan kura-kura dalam kandang khusus, agar tidak berlari terlalu jauh. walaupun jalanya lambat, hewan ini tetap menggemaskan.


7. Iguana

Source: 
tpsdave
bagi kamu yang ingin mencoba memelihara binatang reptil, coba untuk menjadikan Iguana sebagai binatang peliharaanmu. Iguana adalah hewan reptil yang mungkin terlihat menyeramkan, namun sebenarnya Iguana baik dan tidak ganas. Iguana banyak berdiam dan bertengger di batang pohon, gerakanya tidak terlalu banyak. anda bisa memberi makanan pada Iguana berupa mentimun atau jenis makanan khusus reptil. sebaiknya Iguana juga ditempatkan di kandang khusus. berikan suasana kandang seperti di alam liar, ada batang pohon, daun dan beberapa batu kerikil. saat ingin bermain dengan Iguana, anda bisa menggendong Iguana dengan menggunakan tangan dan hai-hati dengan kukunya yang kadang sedikit menggores kulit kita.

8. Ayam

Source: 
Kapa65
Masyarakat Indonesia sepertinya akan setuju, bila hewan ini dijadikan peliharaan. pasalnya, Ayam memang banyak dimanfaatkan juga untuk bahan makanan kita yang kaya akan Gizi. memelihara ayam sepertinya memerlukan lahan yang khusus, dan kandang yang cukup besar. jenis ayam yang biasanya dipelihara adalah ayam Jago, Ayam kate dan ayam petelur. tidak jarang dari hanya memelihara, kemudian berlanjut menjadi peternakan ayam yang menghasilkan keuntungan. ayam juga hewan yang harus sering dibersihkan, diberi makan dan diberikan vitamin. pastikan ayam yang kita pelihara adalah ayam yang sehat dan terbebas dari virus apapun yang berbahaya untuk lingkungan sekitarnya.

No comments:

Post a Comment