Thursday, February 14, 2019

Contoh Perckapan Deskripsi


CONTOH PERCAKAPAN DESKRIPSI

Andini: Hey Toni, Apa kabar ? Sudah lama kita tidak bertemu, dari mana saja kamu selama ini ?

Toni : Hey Dini, kabarku baik-baik saja. Iya benar terakhir kali kita bertemu dua bulan yang lalu, kan? Aku baru saja pulang dari Yogyakarta. 

Andini : Wah, lama sekali liburan kamu. Apa yang kamu lakukan di sana selama dua bulan itu?

Toni :  Aku di Yogyakarta tidak hanya berlibur, tetapi juga belajar. Aku mengikuti program yang ada di salah satu kampung di sana, yaitu kampung cyber. 

Andini : Kampung cyber ? Kampung seperti apa itu Ton?

Toni : Itu adalah kampung yang ada di Yogyakarta, di mana hampir di setiap rumah sudah memakai tekhnologi. Contohnya, setiap rumah sudah memiliki jaringan Wifi sendiri. Selain itu, mereka juga menggunakan media sosial untuk membantu pekerjaan mereka, seperti rapat, diskusi, dan masih banyak lagi. 

Andini : Jadi, selama ini kamu belajar di sana. Lalu, tempat-tempat mana saja selain Kampung Cyber yang telah kamu kunjungi.

Toni : Wah tentunya sudah banyak tempat-tempat wisata menarik yang telah aku kunjungi, diantaranya adalah Keraton Yogyakarta, Candi Prambanan, Pantai Parangtritis, Malioboro, Rumah Bakpia, dan Taman Pintar.

Andini : Rumah Bakpia ? Sepertinya aku baru mendengar tempat itu.

Toni : Itu adalah centra tempat pembuatan Bakpia. Di sana kita bisa melihat cara pembuatan Bakpia dari proses awal. Selain itu, kita juga bisa belajar bagaimana cara membuat Bakpia. 

Andini : Sepertinya Rumah Bakpia itu menarik. Kalau aku ke Yogyakarta, aku akan pergi melihatnya juga.

Toni : Benar, kamu harus pergi ke sana. Aku jamin kamu tidak akan menyesal kok. 

Andini : Hmm.. ngomong-ngomong mana oleh-oleh buatku ?

Toni : Hhee, nanti malam ke rumahku ya, kemarin aku membeli Bakpia dan beberapa gelang tangan khas Yogyakarta. 

Andini : Hhee, oke kalau begitu nanti malam aku akan pergi ke rumahmu. 
 



CIRI – CIRI DESKRIPSI

  • Menggambarkan atau melukiskan sesuatu.
  • Penggambaran tersebut dituangkan dalam sebuah paragraph yang dilakukan secara jelas dan melibatkan kesan pada sebuah indera 
  • Gambaran tersebut membawa pembaca menjadi seolah olah dapat melihat secara langsung tentang obyek yang digambarkan atau diceritakan tersebut 
  • Menceritakan ciri ciri khususnya ciri fisik seperti bentuk, ukuran, warna dan lain lain.

No comments:

Post a Comment