Wednesday, February 13, 2019

SKRIPSI PGSD “HUBUNGAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA TERHADAP MORAL SISWA DI SDK KRADO KECAMATAN BOLA KABUPATEN SIKKA.


file Skripsi Ini langsung download di link berikut :''

" http://twiriock.com/4kXV

BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Dunia Pendidikan dewasa ini menghadapi berbagai masalah yang sangat komplek yang perlu mendapatkan perhatian. Masalah–masalah tersebut antara lain kurikulum yang berubah-ubah sehingga sekolah kurang siap dalam penerapannya, keadaan guru yang kurang memenuhi syarat dari segi tingkat pendidikan, pasilitas sekolah yang tidak lengkap maupun masalah kesiswaan yang sudah cukup lama dirasakan adanya ketidak seimbangan antara perkembangan intelektual dengan emosionalnya. Sehingga mengakibatkan menurunnya tatakrama sosial dan etika moral dalam praktek kehidupan sekolah yang mengakibatkan sejumlah efek negatif yang merisaukan masyarakat. Diantaranya semakin maraknya penyimpangan norma kehidupan agama dan sosial kemasyarakatan yang terwujud dalam bentuk kenakalan siswa di sekolah seperti kurang perilaku hormat kepada guru dan karyawan,  tampak dalam hubungan siswa dengan guru atau karyawan dimana siswa sering acuh terhadap guru dan karyawan sekolah, mengindahkan peraturan, masih sering terlambat masuk kelas, membolos, tidak memakai seragam dengan lengkap dan memakai model baju yang tidak sesuai ketentuan sekolah, tawuran antar pelajar, merokok, berbuat asusila dan lain-lain. Bahkan kenakalan siswa cenderung pada kategori tindakan kriminal seperti pencurian, penyalah gunaan obat terlarang dan pembunuhan yang secara umum disebut sebagai kejahatan siswa.
Masalah ini bila tidak segera di atasi akan semakin mengancam kehidupan generasi bangsa khususnya dan tata kehidupan sosial umumnya. GBHN tahun 1999 mengamanatkan kepada masyarakat (sekolah) untuk memberlakukan pendidikan budi pekerti sebagai pelajaran yang wajib di berikan kepada siswa dan warga sekolah. Hal ini dapat di pahami, karena  misi pendidikan adalah bagaimana melindungi, melestarikan dan mengembangkan budaya bangsa dan budi pekerti yang luhur dalam tata kehidupan sekolah.
Di sekolah kenakalan siswa menjadi tanggungjawab sekolah, untuk itu sekolah perlu melakukan pembinaan moral, penanaman nilai-nilai dan pembentukan sikap dalam setiap kegiatan pembelajaran, agar setiap tindakan dan perbuatan siswa sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat, dengan banyaknya waktu luang yang di miliki siswa biasanya itulah kesempatan siswa melakukan perbuatan yang di anggapnya bisa menarik lingkungan sekitarnya walaupun tindakan tersebut dapat menimbulkan efek negatif, untuk itu sekolah perlu membatasi ruang gerak para siswa untuk kemungkinan melakukan kenakalan-kenakalan yang berpengaruh negatif dengan cara menggunakan waktu-waktu luang di luar jam belajar kurikulum dengan mengadakan kegiatan yang bermanfaat seperti ekstrakurikuler.
Kegiatan ekstrakurikuler sebagai salah satu wadah pembinaan siswa yang bertujuan agar siswa dapat mengembangkan moral, bakat dan kemampuannya di berbagai bidang yang di minati di luar bidang akademik. Kegiatan ini terorganisasi, terarah dan terpadu dengan kegiatan lain di sekolah guna menunjang pencapaian tujuan kurikulum, artinya kegiatan ini di laksanakan sesuai dengan program yang di tentukan dalam pelaksanaannya di bimbing oleh guru yang kompeten sesuai dengan bidangnya sehingga pelaksanaannya akan berjalan dengan baik. Kegiatan ini menjadi salah satu unsur penting dalam membangun dan meningkatkan karakter atau moral siswa.
Pramuka merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang  dipandang dapat mengembangkan minat dan bakat siswa dalam bidang kepramukaan agar bisa lebih mandiri, disiplin dan bertanggungjawab serta mendidik siswa untuk memiliki karakter atau moral yang baik .
Moral atau tingkalalu anak – anak di Sdk Krado ternilai baik, anak – anaknya sopan, berbakti kepada orang tua, hormat kepada yang usianya lebih tua, saling membantu, dan terkesan rukun dengan sesama temannya. Melihat penomina tersebut di atas penulis tertarik untuk lebih jauh mengetahui pola pendidikan yang diterapkan di Sdk Krado Kecamatan Bola Kabupaten Sikka.
Berdasarkan hasil pemantauan peneliti dilapangan dan hasil komunikasi penulis dengan Kepala Madrasah, dewan guru dan  pembia pramuka di Sdk Krado Kecamatan Bola Kabupaten Sikka  bahwa siswa Sdk Krado Kecamtan Bola Kabupaten Sikka memang ternilai memiliki sifat atau moral yang baik karena hampir seluruh siswanya mengikuti pengembangan diri yang dilaksanakan di sekolah dan salah satu pengembangan diri yang diikutinya adalah Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka.
Berdasarkan uraian di atas peneliti tertarik untuk membuat penelitian dengan judul: HUBUNGAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA TERHADAP MORAL SISWA DI SDK KRADO KECAMATAN  BOLA KABUPATEN SIKKA.

file Skripsi Ini langsung download di link berikut :''

" http://twiriock.com/4kXV



No comments:

Post a Comment