Dowload File Lengkap Pada Link Berikut :
🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻
|
TERM OF REFERENCE (TOR)
“KERANGKA ACUAN TUGAS AKHIR”
IDENTITAS DIRI
|
|||
Nama
|
MUHAMMAD AGUNG AL IKHSAN
|
Jurusan
|
HOSPITALITY
|
NIM
|
16.33023
|
Program Studi
|
MANAGEMEN
TATA BOGA
|
JUDUL YANG DIAJUKAN
|
|||
STRATEGI PENETAPAN HARGA JUAL
MAKANAN DI HOTEL MYKO MAKASSAR
|
JADWAL SEMINAR
|
|||
Hari
|
|
Waktu
|
|
Tanggal
|
|
Tempat
|
|
Makassar, ………………………, 2019
Kepala Sub Bagian
AdministrasiAkademik
IGA IIN Purwanti, SE
NIP.
19760225 200502 2 001
|
STRATEGI PENETAPAN HARGA JUAL MAKANAN DI
HOTEL MYKO MAKASSAR
A. LATAR
BELAKANG MASALAH
|
Pariwisata
adalah salah satu usaha yang banyak mendatangkan devisa bagi
Negara kita,
sector ini banyak menyediakan usaha akomodasi dan menjadi bisnis pokok yang bergerak
dalam kepariwisataan. Keindahan alam serta keramah tamahan, kebudayaan dan
masih banyak keistimewaan lain yang dimiliki menjadi modal usaha dalam
pengolaan kepariwisataan yang nantinya
akan menunjang pertumbuhan ekonomi nasional serta dapat memberikan dampak yang
positif terhadap partumbuhan lapangan kerja dan dapat memberikan nilai tambah
yang signifikan terhadap peningkatan pendapat penduduk.
Kegiatan
pariwisata perlu dikelola dalam rangka menahan wisatawan untuk Tinggal lebih
lama di daerah tujuan wisata dan bagaimana wisatawan itu mau membelanjakan uang
sebanyak-banyaknya selama melakukan perjalanan wisata.
Makin
lama wisatawan berada disuatu tempat maka pengeluaran wisatawan itu semakin
bertambah dan kemungkinan menambah dorongan makin banyak orang ikut serta pada
kunjungan berikutnya jika kesan yang dibawa adalah pengalaman yang menarik,
sehingga akan membangkitkan perusahaan jasa, seperti jasa transportasi,
hiburan, akomodasi dan jasa lainnya yang mendukung perjalanan wisata.
Pentingnya
pariwisata membuat banyak Negara menggalakkan sektor ini untuk menggerakkan
industri-industri kecil dan meningkatkan hubungan kerja sama antar Negara dalam
rangka meraih keuntungan dari sektor ini, untuk itu perlu menghimpun strategi dalam mencapai pertumbuhan ekonomi
dan modernisasi pariwisata yang
memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap perubahan-perubahan yang terjadi
khususnya pada tiga aspek,yaitu ekonomi, fisik dan sosial.
Saat ini industri pariwisata di Indonesia
sedang dikembangkan oleh pemerintah sebagai salah satu penghasil devisa.
Indonesia dikenal memiliki banyak tempat-tempat yang dapat dikembangkan sebagai
potensi wisata baik bagi turis domestik maupun mancanegara. Masih banyak
potensi wisata budaya yang belum tersentuh oleh pemerintah di beberapa daerah.
Untuk kesuksesan perkembangan industri pariwisata di Indonesia perlu ditunjang
dengan sarana dan prasarana pendukung, salah satunya sarana akomodasi berupa
hotel-hotel sebagai tempat beristirahat sementara. Mulai hotel yang bertarif
murah dan layak hingga hotel yang menawarkan fasilitas lengkap bagi
pengunjungnya.
Dewasa
ini, usaha perhotelan tidak hanya sebagai tempat beristirahat saja. Dalam
persaingan bisnis saat ini yang semakin tinggi banyak hotel yang juga
menawarkan jasanya menyediakan tempat yang dapat digunakan sebagai tempat
pesta, baik pesta pernikahan, pesta ulang tahun, ataupun kegiatan seminar dari
lembaga/instansi swasta maupun pemerintahan. Banyak hotel yang menyiapkan
berbagai penawaran menarik bagi lembaga atau individu yang akan menggunakan
jasa dari hotelnya sebagai tempat penyelenggaraan pesta ataupun kegiatan
seminar yang terbuka untuk umum maupun hanya untuk kalangan sendiri. Dari
berbagai penawaran tersebut tidak jarang hotel juga menyediakan fasilitas yang
berbeda dengan pengunjung yang hanya menginap saja. Dengan berbagai kemudahan
yang diperoleh pengunjung maka semakin banyak individu atau instansi yang
tertarik untuk menggunakan jasa hotel.
Hotel
merupakan suatu usaha yang dikelola untuk menyediakan jasa pelayanan penginapan,
makanan dan minuman, serta jasa lainnya bagi umum dengan tujuan memperoleh
profit bagi usahanya. Adapun pengertian hotel menurut Rumekso (2001) adalah
bentuk bangunan yang menyediakan kamar-kamar untuk menginap para tamu, makanan
dan minuman, serta fasilitas-fasilitas lain yang diperlukan, dan dikelola
secara profesional untuk mendapatkan keuntungan.
Dalam
usaha perhotelan diperlukan sumber dana dan sumber daya manusia yang terampil
dalam jumlah besar. Selain itu pemilik perusahaan juga harus memperhatikan
beberapa hal antara lain lokasi perusahaan, tarif kamar, pelayanan dan
fasilitas yang baik, serta strategi pemasaran dalam menghadapi persaingan.
Sumber daya manusia yang dibutuhkan mulai dari tingkat pelaksanaan sampai pada
tingkat manajemen atau pengelola, sehingga dapat meningkatkan daya kreativitas
dan inovasi usaha.
Untuk
mencapai target laba, perusahaan harus bijaksana dalam menentukan harga jual
yang tepat bagi produk/jasanya. Oleh karena itu, harga jual suatu produk/jasa
harus ditentukan secara bijaksana sehingga dapat merebut pasar sekaligus juga
dapat menutup biaya-biaya operasional perusahaan. Selain itu perusahaan juga
harus memperhatikan kualitas pelayanan, sarana, lokasi hotel dan daya tarik
bagi hotel yang lainnya. Semua faktor juga memegang peranan penting dalam
persaingan usaha.
B. BATASAN
MASALAH
|
Berdasarkan
latar belakang yang telah dikemukakan, maka penulis dapat mengambil beberapa
batasan permasalahan untuk diteliti, yaitu sebagai berikut:
1.
Komponen-Komponen
Yang Digunakan Oleh Myko Hotel Dalam Penetapan Harga Jual Makanan.
2.
Formula
Yang Terdapat Di Dalam Hotel Myko Dalam Penetapan Harga Jual Makanan.
C. RUMUSAN
MASALAH
|
Berdasarkan
batasan masalah diatas maka yang menjadi rumusan masalah sebagai berikut:
1.
Komponen-Komponen
Apa Saja Yang Digunakan Oleh Hotel Myko Di Dalam Penetapan Harga Jual Makanan.
2.
Formula
Apa Saja Yang Terdapat Di Dalam Hotel Myko Dalam Pentapan Harga Jual Makanan.
D. TUJUAN
DAN MANFAAT PENELITIAN
|
A.
TUJUAN
PENELITIAN
1.
Untuk
mengetahui komponen-komponen yang digunakan oleh Hotel Myko di dalam penetapan
harga jual.
2.
Untuk
mengetahui formula yang terdapat di dalam Hotel Myko dalam penetapan harga jual
makanan.
B.
MANFAAT
PENELITIAN
a.
Untuk
mahasiswa yang bersangkutan
Untuk
memenuhi salah satu syarat dalam menyelesaikan studi pada program diploma III
Di politekhnik pariwisata Makassar dan sebagai sarana mengaplikasikan ilmu yang
telah diproses sebagai mahasiswa piltekhnik pariwisata Makassar.
b.
Untuk
perusahaan yang di teiliti
Hasil
penelitian dapat diharapkan dapat menjadi bahan masukan yang berguna dalam
mengambil keputusan dalam upaya penetapan harga jual makanan.
c.
Untuk
politekhnik pariwisata Makassar
Dapat
bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dalam memperkaya referensi perpustakaan
sebagai sumbangan pikiran untuk mengembangkan penelitian berikutnya.
E. METODE
PENELITIAN
|
1.
Jenis
penelitian
Deskripftif
Jenis
penelitian ini adalah penelitian deskriftif yaitu menggambarkan secara cepat
kedalam situasi yang diamati.
2.
Teknik
pengumpulan data
a.
Wawancara
Mengadakan
Tanya jawab secara langsung kepada karyawan dapur sesuai dengan masalah yang
penulis teliti.
b.
Observasi
Mengamati
secara langsung dan mencatat secara
sistematis gejala-gejala yang timbul dari proses penetapan harga makanan
c.
Studi
kepustakaan
Untuk
menyenpurnakan data yang diperoleh dilapangan dan untuk keakuratan tentang
penjualan makanan, penulis menggunakan beberapa referensi didalam membahas
persoalan yang berkaitan dengan masalah penjualan makanan, yang merupakan data,
teori yang dipergunakan sebagai landasan atau pedoman sebagai pertimbangan.
Dowload File Lengkap Pada Link Berikut :
🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻
No comments:
Post a Comment