Tuesday, February 26, 2019

Tugas Akhir (TOR D3) Strategi Penetapan Harga Makanan DI Hotel Myko Makassar


Dowload File Lengkap Pada Link Berikut :
🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻


POLITEKNIK PARIWISATA MAKASSAR




TERM OF REFERENCE (TOR)

“KERANGKA ACUAN TUGAS AKHIR”


IDENTITAS DIRI
Nama
MUHAMMAD AGUNG AL IKHSAN
Jurusan
HOSPITALITY
NIM
16.33023
Program Studi
MANAGEMEN TATA BOGA
JUDUL YANG DIAJUKAN
STRATEGI PENETAPAN HARGA JUAL MAKANAN DI HOTEL MYKO MAKASSAR

JADWAL SEMINAR
Hari

Waktu

Tanggal

Tempat

Makassar, ………………………, 2019

Kepala Sub Bagian
AdministrasiAkademik




                                        IGA IIN Purwanti, SE
NIP. 19760225 200502 2 001



STRATEGI PENETAPAN HARGA JUAL MAKANAN DI HOTEL MYKO MAKASSAR


A.  LATAR BELAKANG MASALAH

Pariwisata adalah salah satu usaha yang banyak mendatangkan devisa bagi
Negara kita, sector ini banyak menyediakan usaha akomodasi dan menjadi bisnis pokok yang bergerak dalam kepariwisataan. Keindahan alam serta keramah tamahan, kebudayaan dan masih banyak keistimewaan lain yang dimiliki menjadi modal usaha dalam pengolaan kepariwisataan  yang nantinya akan menunjang pertumbuhan ekonomi nasional serta dapat memberikan dampak yang positif terhadap partumbuhan lapangan kerja dan dapat memberikan nilai tambah yang signifikan terhadap peningkatan pendapat penduduk.
Kegiatan pariwisata perlu dikelola dalam rangka menahan wisatawan untuk Tinggal lebih lama di daerah tujuan wisata dan bagaimana wisatawan itu mau membelanjakan uang sebanyak-banyaknya selama melakukan perjalanan wisata.
Makin lama wisatawan berada disuatu tempat maka pengeluaran wisatawan itu semakin bertambah dan kemungkinan menambah dorongan makin banyak orang ikut serta pada kunjungan berikutnya jika kesan yang dibawa adalah pengalaman yang menarik, sehingga akan membangkitkan perusahaan jasa, seperti jasa transportasi, hiburan, akomodasi dan jasa lainnya yang mendukung perjalanan wisata.
Pentingnya pariwisata membuat banyak Negara menggalakkan sektor ini untuk menggerakkan industri-industri kecil dan meningkatkan hubungan kerja sama antar Negara dalam rangka meraih keuntungan dari sektor ini, untuk itu perlu menghimpun  strategi dalam mencapai pertumbuhan ekonomi dan modernisasi pariwisata  yang memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap perubahan-perubahan yang terjadi khususnya pada tiga aspek,yaitu ekonomi, fisik dan sosial.
   Saat ini industri pariwisata di Indonesia sedang dikembangkan oleh pemerintah sebagai salah satu penghasil devisa. Indonesia dikenal memiliki banyak tempat-tempat yang dapat dikembangkan sebagai potensi wisata baik bagi turis domestik maupun mancanegara. Masih banyak potensi wisata budaya yang belum tersentuh oleh pemerintah di beberapa daerah. Untuk kesuksesan perkembangan industri pariwisata di Indonesia perlu ditunjang dengan sarana dan prasarana pendukung, salah satunya sarana akomodasi berupa hotel-hotel sebagai tempat beristirahat sementara. Mulai hotel yang bertarif murah dan layak hingga hotel yang menawarkan fasilitas lengkap bagi pengunjungnya.
Dewasa ini, usaha perhotelan tidak hanya sebagai tempat beristirahat saja. Dalam persaingan bisnis saat ini yang semakin tinggi banyak hotel yang juga menawarkan jasanya menyediakan tempat yang dapat digunakan sebagai tempat pesta, baik pesta pernikahan, pesta ulang tahun, ataupun kegiatan seminar dari lembaga/instansi swasta maupun pemerintahan. Banyak hotel yang menyiapkan berbagai penawaran menarik bagi lembaga atau individu yang akan menggunakan jasa dari hotelnya sebagai tempat penyelenggaraan pesta ataupun kegiatan seminar yang terbuka untuk umum maupun hanya untuk kalangan sendiri. Dari berbagai penawaran tersebut tidak jarang hotel juga menyediakan fasilitas yang berbeda dengan pengunjung yang hanya menginap saja. Dengan berbagai kemudahan yang diperoleh pengunjung maka semakin banyak individu atau instansi yang tertarik untuk menggunakan jasa hotel.
Hotel merupakan suatu usaha yang dikelola untuk menyediakan jasa pelayanan penginapan, makanan dan minuman, serta jasa lainnya bagi umum dengan tujuan memperoleh profit bagi usahanya. Adapun pengertian hotel menurut Rumekso (2001) adalah bentuk bangunan yang menyediakan kamar-kamar untuk menginap para tamu, makanan dan minuman, serta fasilitas-fasilitas lain yang diperlukan, dan dikelola secara profesional untuk mendapatkan keuntungan. 
Dalam usaha perhotelan diperlukan sumber dana dan sumber daya manusia yang terampil dalam jumlah besar. Selain itu pemilik perusahaan juga harus memperhatikan beberapa hal antara lain lokasi perusahaan, tarif kamar, pelayanan dan fasilitas yang baik, serta strategi pemasaran dalam menghadapi persaingan. Sumber daya manusia yang dibutuhkan mulai dari tingkat pelaksanaan sampai pada tingkat manajemen atau pengelola, sehingga dapat meningkatkan daya kreativitas dan inovasi usaha.
Untuk mencapai target laba, perusahaan harus bijaksana dalam menentukan harga jual yang tepat bagi produk/jasanya. Oleh karena itu, harga jual suatu produk/jasa harus ditentukan secara bijaksana sehingga dapat merebut pasar sekaligus juga dapat menutup biaya-biaya operasional perusahaan. Selain itu perusahaan juga harus memperhatikan kualitas pelayanan, sarana, lokasi hotel dan daya tarik bagi hotel yang lainnya. Semua faktor juga memegang peranan penting dalam persaingan usaha.

B.  BATASAN MASALAH

Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan, maka penulis dapat mengambil beberapa batasan permasalahan untuk diteliti, yaitu sebagai berikut:
1.    Komponen-Komponen Yang Digunakan Oleh Myko Hotel Dalam Penetapan Harga Jual Makanan.
2.    Formula Yang Terdapat Di Dalam Hotel Myko Dalam Penetapan Harga Jual Makanan.

C.  RUMUSAN MASALAH

Berdasarkan batasan masalah diatas maka yang menjadi rumusan masalah sebagai berikut:
1.    Komponen-Komponen Apa Saja Yang Digunakan Oleh Hotel Myko Di Dalam Penetapan Harga Jual Makanan.
2.    Formula Apa Saja Yang Terdapat Di Dalam Hotel Myko Dalam Pentapan Harga Jual Makanan.

D.  TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIAN

A.   TUJUAN PENELITIAN
1.    Untuk mengetahui komponen-komponen yang digunakan oleh Hotel Myko di dalam penetapan harga jual.
2.    Untuk mengetahui formula yang terdapat di dalam Hotel Myko dalam penetapan harga jual makanan.


B.   MANFAAT PENELITIAN
a.  Untuk mahasiswa yang bersangkutan
Untuk memenuhi salah satu syarat dalam menyelesaikan studi pada program diploma III Di politekhnik pariwisata Makassar dan sebagai sarana mengaplikasikan ilmu yang telah diproses sebagai mahasiswa piltekhnik pariwisata Makassar.
b.  Untuk perusahaan yang di teiliti
Hasil penelitian dapat diharapkan dapat menjadi bahan masukan yang berguna dalam mengambil keputusan dalam upaya penetapan harga jual makanan.
c.   Untuk politekhnik pariwisata Makassar
Dapat bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dalam memperkaya referensi perpustakaan sebagai sumbangan pikiran untuk mengembangkan penelitian berikutnya.

E.  METODE PENELITIAN

1.    Jenis penelitian
Deskripftif
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriftif yaitu menggambarkan secara cepat kedalam situasi yang diamati.
2.    Teknik pengumpulan data
a.    Wawancara
Mengadakan Tanya jawab secara langsung kepada karyawan dapur sesuai dengan masalah yang penulis teliti.
b.    Observasi
Mengamati secara langsung dan mencatat  secara sistematis gejala-gejala yang timbul dari proses penetapan harga makanan
c.    Studi kepustakaan
Untuk menyenpurnakan data yang diperoleh dilapangan dan untuk keakuratan tentang penjualan makanan, penulis menggunakan beberapa referensi didalam membahas persoalan yang berkaitan dengan masalah penjualan makanan, yang merupakan data, teori yang dipergunakan sebagai landasan atau pedoman sebagai pertimbangan.
  
Dowload File Lengkap Pada Link Berikut :

🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻🔻


No comments:

Post a Comment