Saturday, February 23, 2019

Makalah Penyakit Diabetes sebagai salah satu penyakit pada sistem endokrin

Download Makalahnya disini (File doc)
http://keistaru.com/1IBw




MAKALAH



PENYAKIT DIABETES SEBAGAI SALAH SATU
PENYAKIT PADA SISTEM  ENDOKRIN






 











Disusun Oleh:
Nama         : SUFIRMAN AGINTAN
Nim            : 12.1101.423





 
PROGRAM STUDI S1 KEPERAWATAN
UNIVERSITAS INDONESIA TIMUR
MAKASSAR








KATA PENGANTAR


Bismillahirrahmanirrahim,
Segala puji bagi Allah Subhanahuwata’ala yang telah memberikan kasih dan sayangnya sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan makalah yang berjudul ”Gangguan Sistem Endokrin : Diabetes dan Asupan Keperawatan” untuk memenuhi tugas mata kuliah Patofisiologi.
Penulis berterimakasih kepada dosen pembimbing yang telah membimbing, menasehati, serta memotivasi dalam menyelesaikan makalah ini. Adapun dukungan, bantuan serta motivasi yang telah diberikan dari pihak lainnya, dengan kerendahan hati perkenankanlah penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada :
1.      Kedua orang tua dan saudaraku tercinta yang telah membantu dalam segi materi dan senantiasa memotivasi hingga penulis dapat menyelesaikan kuliah ini.
2.      Serta teman-teman yang tidak dapat penulis sebutkan satu per satu.
Penulis merasa bahwa makalah ini masih memiliki kekurangan namun penulis berharap semoga dari makalah ini dapat memberikan manfaat tidak hanya bagi diri sendiri, tetapi juga kepada semua pihak yang memerlukannya.

Makassar, Februari 2019



Penulis








DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Identifikasi Masalah
C. Tujuan Penelitian
BAB 2 PEMBAHASAN
A.    Konsep Medis
1.      Pengertian
2.      Etiologi
3.      Insiden
4.      Anatomi dan Fisiologi
5.      Patofisiologi
6.      Manifestasi Klinik
7.      Komplikasi
8.      Test Diagnostik
9.      Penatalaksanaan
B.     Konsep Keperawatan
1.      Pengkajian
2.      Diagnosa Keperawatan
3.      Perencanaan/intervensi
4.      Implementasi
5.      Evaluasi
BAB 3 PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran
DAFTAR PUSTAKA






BAB 1
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Sistem endokrin mengatur dan mempertahankan fungsi tubuh dan metabolisme tubuh, jika terjadi ganguan endokrin akan menimbulkanmasalah yang komplek terutama metabolisme fungsi tubuh terganggu salahsatu gangguan endokrin adalah Diabetes Melitus yang disebabkan karenadefisiensi absolute atau relatif yang disebabkan metabolisme karbohidrat,lemak dan protein (Maulana. 2008).
Di Indonesia penderita Diabetes Melitus ada 1,2 % sampai 2,3 % daripenduduk berusia diatas 15 tahun, sehingga Diabetes Melitus (DM) tercantumdalam urutan nomor empat dari prioritas pertama adalah penyakitkardiovaskuler, kemudian disusul penyakit selebrolaskuler dan katarak. (Depkes RI,2008).
Di Jawa Tengah berdasarkan atas pola penyakit penderita puskesmasdan rumah sakit dari berbagai tingkat umur, jumlah kasus Diabets Melitusmenempati nomor dua. Setelah penyakit neoplasma ganas, sedangkanberdasarkan data pola kematian menurt penyakit penyebab kematian pasiendirawat di rumah sakit Jawa Tengah DM menempati urutan ke 16 denganjumlah 430 orang dari jumlah kematian 37.279 orang dengan kematianpenyakit lainnya (Dinkes Jateng,2006).
Menurut survei yang dilakukan WHO, Indonesia menempati urutan ke 4 dengan jumlah penderita Diabetes terbesar didunia setelah India, Cina, Amerika Serikat. Dengan prevalensi 8,6% dari total penduduk dan pada tahun2025 diperkirakan meningkat menjadi 12.4 juta penderita. Sedangkan daridata Departemen Kesehatan , jumlah pasien Diabetes mellitus rawat inapmaupun rawat jalan di Rumah Sakit menempati urutan pertama dari seluruhpenyakit endokrin. (Maulana. 2008)
Umur ternyata merupakan salah satu faktor yang bersifat mandiridalam pengaruhnya terhadap perubahan toleransi tubuh terhadap glukosa.Umumnya pasien diabetes dewasa 90% termasuk diabetes tipe 2. Dari jumlahtersebut dikatakan 50% adalah pasien berumur > 60 tahun.(Dinkes Jateng,2006)
Hal ini terjadi karena adanya faktor- faktor yang menghambatdiantaranya adalah sosial ekonomi yang kurang, perumahan dan lingkunganyang kotor, pengetahuan tentang DM yang masih kurang. Faktor pengetahuankeluarga merupakan penghambat yang sering terjadi, karena denganpengetahuan yang kurang akan mengetahui proses pengobatan penyakit.
Akibat dari kurangnya pengetahuan keluarga tentang penyakit DMperlu dilaksanakan suatu tindakan yaitu memberikan asuhan keperawatanpada keluarga yang mempunyai masalah Diabetus Mellitus.
Dengan melihat angka kejadian dan kematian yang banyak terjadikarena penyakit Diabetes Melitus di atas serta akibat dari Diabetes Mellitusdan untuk pengenalan masalah Diabebetes Melitus pada keluraga makapenulis tertarik untuk menyusun karya Tulis Ilmiah yang berjudul “AsuhanKeperawatan Keluarga TN. N khususnya Ny. M dengan masalah utamaDiabetes melitus di Rt 01 / VI Desa Kangkung Dusun Karang KecamatanMranggen”.

B.       Identifikasi Masalah
            Berdasarkan latar belakang tersebut dapat diidentifikasi masalah sebagai berikut :
1.      Apa deskripsi dari sistem endokrin ?
2.      Bagaimana anatomi fisiologi sistem endokrin ?
3.      Bagaimana manifestasi klinik dari sistem endokrin ?
4.      Apa itu penyakit  diabetes dari sistem endokrin ?
5.      Bagaimana proses penyebaran atau patogenesis dari penyakit sistem endokrin ?
6.      Bagaimana asupan keperawatan penyakit diabetes?

C.      Tujuan Penelitian
            Tujuan dari penelitian ini adalah untuk :
1.      Mengetahui deskripsi dari sistem endokrin.
2.      Mengetahui anatomi fisiologi sistem endokrin.
3.      Mengetahui manifestasi klinik dari sistem endokrin.
4.      Mengetahui penyakit diabetes
5.      Mengetahui cara pengobatan atau pencegahannya.





Download Makalahnya Bab 2 dan 3 pada link berikut disini (File doc)
http://keistaru.com/1IBw





No comments:

Post a Comment